Deretan Dekorasi Ciamik Masjid di Dunia, Bikin Semangat Beribadah!

Masjid terunik di dunia (pixabay.com)

Beberapa tempat ibadah rasanya terkesan seperti itu-itu saja. Bangunan dasar yang memang dibuat untuk tempat beribadah memang terkesan datar karena tidak ada yang berani untuk membuatnya meriah, ditakutkan tingkat kekhusuan saat beribadah akan terganggu. Namun, ada tempat ibadah yang sangat nyentrik, meriah, dan bisa membuat kita lebih fokus untuk beribadah.

Untuk kaum muslim yang ingin melakukan perjalanan wisata religi, ada rekomendasi beberapa masjid yang sangat estetik dan bisa membuat kalian menjadi lebih betah untuk beribadah.

Yuk simak, apa saja sih masjid estetik yang direkomendasikan?

Masjid Saint Petersburg (Rusia)

Masjid Saint Petersburg, Rusia (pixabay.com)

Masjid Saint Petersburg di Rusia memiliki warna yang saling berpadu dengan warna langit. Masjid ini dibuat dari granit abu-abu untuk bagian tembok dan kubah serta kedua menaranya dilapisi oleh keramik mozaik warna biru langit yang menampakan kecerahannya. Bagian dalam masjid dilapisi dengan marmer hijau. Saat beribadah, jemaah wanita berada di lantai atas, sedangkan jemaah pria berada di lantai dasar.

Masjid Qarawiyyin (Maroko)

Masjid Qarawiyyin, Maroko (twitter.com/muslimmedianews)

Kapasitas yang dapat ditampung oleh masjid ini sekitar 20.000 jamaah. Masjid ini telah mengalami rekonstruksi untuk perluasan tempat dengan memperpanjang menjadi 21 lorong. Awalnya masjid ini adalah masjid sederhana, hanya terdiri dari 4 lorong saja. Kini berkembang lebih besar karena diperluas lebih dari 3.000 meter persegi.

Masjid-i Nasir al-Mulk (Iran)

Masjid-i Nasir al-Mulk, Iran (twitter.com/muslimheritage)

Masjid ini memiliki keindahan dari jendela-jendela kaca yang dipenuhi oleh mosaik, sehingga dapat memantulkan cahaya yang beragam jika terpapar oleh sinar matahari. Masjid ini dijuluki dengan Masjid Pink karena ornamen pada bagian langit-langit dan lantai masjid didominasi oleh warna pink.

Masijd Dimaukom (Filipina)

Masjid Dimaukom, Filipina (twitter.com/seratusid)

Siapa bilang hanya rumah barbie saja yang bisa warna pink? Masjid yang didominasi warna pink ini berada di Filipina. Masjid ini dibangun atas perintah dari walikota Datu Saudi Ampatuan yang bernama Samsudin Dimaukom untuk hadiah istrinya yang menggemari warna pink. Warna pink dalam masjid tersebut juga digunakan sebagai simbol cinta dan persahabatan antarumat beragama.

Masjid Jamiul Alfar (Sri Lanka)

Masjid Jamiul Alfar, Sri Lanka (twitter.com/timeout)

Ini bukan gedung bangunan istana boneka, namun ini merupakan masjid yang berada di Sri Lanka! Masjid Jamiul Alfar dijuluki sebagai Samman Kottu Palli atau Rathu Palliya atau Mesjid Merah. Dominasi bangunan masjid tersebut memang didominasi oleh warna merah dan putih seperti kue lapis. Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jamaah.

Jadi, masjid mana yang sudah kamu tandai sebagai wisata religi selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *