Kamu Tak Sadar, 5 Kebiasaan Usai Makan Ini Bisa Jadi Sarang Penyakit

Mandi setelah makan bisa sebabkan gangguan kesehatan

Gaya hidup yang tidak baik memang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik. Selain kurangnya olahraga dan asupan makan, ternyata kebiasaan usai makan juga bisa menganggu kesehatan, lho!

Apasih kebiasaan usai makan yang sering kamu lakukan? Usai makan biasanya kita kerap kali merasa ngantuk sehingga tak lama setelah makan kita tidur. Namun, tak jarang juga kita mungkin akan menjumpai beberapa orang yang memiliki kebiasaan merokok usai makan.

Melansir dari healthxchange.sg, 5 kebiasaan kita ini ternyata tak baik dilakukan setelah makan lho, apa saja ya?

Merokok

(pixabay.com)

Di urutan pertama ada Merokok. Merokok memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan saat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Mungkin kita banyak menemui orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok setelah makan.

Faktanya, mengisap 1 batang rokok setelah makan ternyata setara dengan merokok 10 batang.

Kebanyakan perokok akan mengisap tembakaunya setelah makan. Merokok setelah makan, dapat mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan.

Merokok sebatang setelah makan setara juga mampu menyebabkan risiko kanker paru-paru dan usus, lho. Mulai sekarang berhenti merokok seusai makan yuk!

Minum Teh

(pixabay.com)

Wah, padahal minum teh sudah jadi kebiasaan usai makan yang umum ya di Indoseia. Ternyata minum secangkir teh setelah makan adalah kebiasaan buruk karena dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Teh mengandung asam tannic, yang dapat mengikat protein dan zat besi dari makanan yang kita makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan nafsu makan buruk. Selain itu, juga akan menyebabkan pusing, lemah, kelelahan berlebihan, nyeri dada, kulit pucat, kaki dan tangan dingin.

Hilangkan kebiasaan minum teh seusai makan yuk guys!

Makan Buah

(pixabay.com)

Makanan yang berbeda dicerna dengan kecepatan yang berbeda. Makanlah buah terlebih dahulu karena mereka yang paling mudah dicerna. Buah-buahan harus dimakan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

Buah-buahan tidak akan dicerna dengan baik jika kita memakannya langsung setelah makan. Hal ini dapat menyebabkan bersendawa, gangguan pencernaan, dan nyeri ulu hati. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong.

Tidur

(pixabay.com)

Mungkin beberapa dari kita akan merasa kantuk setiap selesai makan. Tak jarang, jika tak ada kesibukan, kita akan memilih tidur setelah kenyang dan mengantuk. Nyatanya kebiasaan itu ternyata tak baik untuk kesehatan.

Jika kita tidur setelah makan, maka makanan yang kita konsumsi ternyata belum bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Apabila hal ini dilakukan, maka perut akan kembung, muncul ketidaknyamanan dan gangguan pola tidur. Orang yang hendak tidur malam juga disarankan untuk tidak makan, sebab akan menimbun lemak dan menyebabkan penyakit datang.

Mandi

(pixabay.com)

Mandi setelah makan ternyata dapat menunda pencernaan. Hal tersebut karena darah di sekitar perut yang harusnya membantu pencernaan, akan mengalir kebagian tubuh lain ketika kita mandi. Kebiasaan ini juga mampu menyebabkan hal negatif lain. misalnya akan meningkatkan aliran darah di kaki dan tangan tetapi bisa mengurangi aliran darah di lambung.

Nah untuk itu yuk mulai sekarang kita hilangkan kebiasan tersebut agar makanan yang kita cerna dapat berdampak baik bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *