Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ikuti Tips Ini Agar Tidak Salah Pilih

(pixabay.com)

Memilih jurusan kuliah memang perkara yang sangat penting, karena menyangkut masa depan. Sering kali kita bingung saat hendak memilih jurusan kuliah yang pas untuk kita. Apa kamu salah satu yang sedang bingung dengan pilihan jurusan kuliah?

Tapi bagaimana kalau masalahnya adalah kamu belum tahu ingin jadi apa nanti di masa depan? Lalu bagaimana caranya memilih jurusan kuliah saat kamu belum tahu mau jadi apa? Jadi makin bingung kan? Berada di jurusan yang salah bisa membuatmu stres dalam menjalani kehidupan perkuliahan, jadi jangan sampai salah memilih, ya.

Maka dari itu, bagi kamu yang sedang andilau alias antara dilema dan galau untuk menentukan pilihan jurusan kuliah, lebih baik simak tips berikut ini yuk!

Peluang di Masa Depan

Peluang atau tujuan masa depan kamu setelah kuliah juga dapat dijadikan prioritas untuk menentukan jurusan kuliah, lho. Peluang masa depan biasa kita kenal dengan cita-cita. Mungkin pada masa kecil yang paling menjawab pertanyaan apa cita-cita kamu? Jawabannya adalah dokter, pilot, dan sebagainya.

Tetapi tidak semudah itu saat kamu beranjak dewasa. Solusinya bisa dengan mencari jurusan yang peluangnya menjanjikan. Nah, jurusan IT saat ini bisa jadi peluang yang menjanjikan lho. Banyak sekali dibangun perusahaan baru berbasis teknologi. Karena itu kamu wajib mengetahui jurusan yang sesuai dengan cita-cita kamu ke depan. Mantapkan hati kamu untuk menyeimbangkan kemampuan dan peluang masa depan ya!

Akreditasi Jurusan Kuliah

Setiap perguruan tinggi atau akademi pastinya memiliki akreditasi untuk masing-masing jurusan yang mereka punya. Pilihlah jurusan dengan akreditasi yang cukup baik, karena nantinya mau tak mau hal tersebut akan menjadi pertimbangan sebuah perusahaan ketika kamu melamar. Tentunya, balik lagi ke pilihan jurusan yang memiliki akreditasi yang cukup baik tersebut juga merupakan jurusan yang kamu minati.

Pilih Sesuai Kemampuan

Meski kamu menyukai drama tentang kedokteran atau seorang programmer terlihat keren di matamu, ada baiknya kamu perhatikan kemampuan diri sendiri dulu. Kalau kamu pintar di bidang seni atau sastra, kamu nggak perlu mengambil jurusan eksak hanya karena orang bilang itu keren.

Bidang apapun punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jurusan kuliah yang keren itu adalah jurusan yang bisa membuatmu berprestasi dan mengembangkan diri di dalamnnya. Bukan cuma jadi mahasiswa yang ikut-ikutan tren.

Latar Belakang Kampus

Enggak ada salahnya sebelum kamu memilih jurusan, kamu melakukan riset kecil-kecilan, siapa tahu kakak kamu atau siapapun orang yang terdekat denganmu memiliki pengalaman tentang jurusan yang kamu minati. Jadi, kamu bisa tanya-tanya secara langsung tentang jurusan tersebut. Biasanya, mereka akan membeberkan beberapa hal yang bisa jadi pertimbanganmu,

Kenali Potensi Diri

Tidak menyadari potensi diri sendiri bisa membuat kamu kehilangan cara dalam memilih jurusan. Tidak jarang para siswa itu tidak mengetahui kemampuan terpendamnya. Padahal, kemampuan tersebut dapat menjadi prioritas memilih jurusan yang tepat. Gali potensi diri kamu sebisa mungkin ya, Squad! Potensi lebih mengarah ke seni, kamu bisa memilih jurusan sastra, desain, dan sebagainya.

Nah, tips diatas cukup membantu kan? Jangan sampai salah pilih jurusan kuliah ya. Semoga tips diatas cukup membawa mu ke jurusan yang tepat untuk mu, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *