Sosok Raksasa Saat Nyepi, Ini Fakta Seputar Tradisi Pawai Ogoh-Ogoh

Patung Ogoh-ogoh (Instagram.com/ogohogohdenpasar)

Peringatan Tahun Baru Saka, atau Hari Raya Nyepi resmi jatuh pada Kamis (7/3/2019). Segenap ritual pun dijalankan selama perayaan, termasuk parade ogoh-ogoh. Biar makin tahu, yuk kita simak fakta seputar festival ogoh-ogoh saat Nyepi.

Ogoh-ogoh (Instagram.com/ogohogohdenpasar)

Ogoh-ogoh adalah penggambaran seorang Bhuta Khala, sosok raksasa menyeramkan yang menjadi cerminan sifat negatif dalam diri manusia.

Nah, berdasarkan filsafat Hindu, parade Ogoh-ogoh sendiri diadakan dengan tujuan agar semua unsur negatif pada alam, akan masuk ke Bhuta Khala dan ikut hancur saat dibakar.

K-Pop Fire GIF - Find & Share on GIPHY

Tradisi mengarak Ogoh-ogoh atau dikenal juga dengan nama parade Ngrupuk, biasanya diadakan pada malam sebelum Nyepi.

Nggak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen arak-arakan ini, lho! Karena saat acara berlangsung, ada sekitar 50 sampai 100 orang pemuda yang akan menggotong patung Ogoh-ogoh. Pastinya meriah banget, kan.

Pawai Ogoh-ogoh (Twitter.com/blueseasonbali)

Jika ditilik dari sejarah, tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 70-an. Namun, beberapa sumber juga mengatakan, tradisi Ogoh-ogoh mulai marak terjadi di awal tahun 80-an.

Nama Ogoh-ogoh diambil dari bahasa Bali, yaitu ogah-ogah, yang berarti sesuatu yang digoyang-goyangkan.

Seiring dengan perkembangan jaman, para pengrajin Ogoh-ogoh mulai mengganti material bambu dan kayu dengan gabus dan stereofoam, agar Ogoh-ogoh bisa lebih ringan diangkat.

Nggak hanya dari materialnya saja, bentuk dan karakter Ogoh-ogoh juga semakin beragam. Seperti bentuk naga, hewan sampai tokoh-tokoh terkenal.

Tradisi Ogoh-ogoh juga bukan hanya berlangsung di Bali, lho. Tapi juga kota lain di Indonesia setiap menjelang Nyepi, sebut saja Yogyakarta, Jakarta, hingga beberapa wilayah di Sulawesi.

Nah itu tadi beberapa fakta singkat seputar Ogoh-ogoh, tradisi bagi penganut Hindu yang berlangsung saat Nyepi. Apakah kamu pernah menonton pawai Ogoh-ogoh secara langsung? Yuk share ceritamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *