5 Pemain yang Tetap Produktif Usai Cedera, Nomor 3 Legenda Barcelona

Messi, Iniesta, dan XAVI (instagram.com/messismagic)

Mengalami cedera dalam sepak bola adalah salah satu satu mimpi buruk bagi tiap pemain. Perlu pemulihan yang lama, hingga risiko tidak dapat bermain lagi adalah hal yang paling ditakuti. Walau pun begitu, ternyata ada beberapa pemain populer dunia yang tetap produktif usai mengalami cedera loh, penasaran kan siapa aja?

Saat melawan Arsenal pada lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu 10 Maret 2019 lalu. MU masih belum diperkuat oleh salah satu gelandang andalan mereka. Jesse Lingard dikabarkan masih belum pulih sepenuhnya dari cedera hamstring yang ia derita. Walaupun cidera, ternyata ada beberapa pemain populer dunia yang tetap produktif usai mengalami cedera loh. Berikut ulasannya

 

1. Radamel Falcao

Sial menimpa Radamel Falcao, ia tercatat telah mengalami cedera sebanyak tiga kali dalam kariernya.

Falcao pertama kali mengalaminya cedera di lutut kanan saat bermain untuk River Plate dalam pertandingan melawan San Lorenzo pada bulan November 2005. Namun, keadaan memburuk setelah ia berusaha kembali beberapa bulan setelahnya sehingga cederanya pun kambuh dan mengakibatkannya harus absen sepuluh bulan.

Untuk ke tiga kalinya,Falcao kemudian kembali mengalami cedera ketika berseragam AS Monaco tapi kali ini di bagian lutut kiri. Hal itu membuatnya tampil melempem bersama Monaco dan juga dua masa peminjamannya di Manchester United dan Chelsea sehingga banyak yang menganggap kariernya sudah usai.

Pemain berusia 30 tahun ini ternyata bukanlah sosok yang pantang menyerah. Falcao perlahan sudah mulai menemukan kembali ketajamannya setelah mampu mencetak sembilan gol dari 12 pertandingan di semua ajang kompetisi musim ini bersama Monaco.

 

2. Roy Keane

Gelandang tangguh MU ini pernah melewatkan musim 1997/98 karena mengalami cedera. Hal itu membuat Setan Merah kalah bersaing dengan Arsenal dalam memperjuangkan gelar Premier League.

Keane Terkena ceder saat menghadang Alf-Inge Halland yang waktu itu masih membela Leeds United saat melawan MU. Namun tak butuh lama, Keane membalasnya tiga tahun kemudian pada tahun 2001.

Setelah pulih, Keane masih tetap menjadi bagian penting dalam skuat Setan Merah dan memimpin klub memenangkan banyak gelar termasuk treble pada tahun 1999.

 

3. Xavi

Xavi sering bermain lebih dari 50 pertandingan dalam satu musim selama memperkuat Barcelona. Hal itu membuat penyembuhan cedera ACL yang dialami Xavi pada tahun 2006 terlihat mengesankan.

Legenda Barcelona ini mengalami kemunduran selama musim 2005-06 ketika ia cedera setelah diterjang Edmilson dalam pertandingan melawan Villarreal. Cedera tersebut menyebabkan Xavi harus menepi selama empat bulan.

Meskipun diperkirakan akan melewatkan sisa musim dan Piala Dunia 2006, Xavi justru muncul di bangku cadangan saat Barcelona memenangkan Liga Champions melawan Arsenal dan ikut bersama skuat Spanyol ke Jerman.

 

4. Francesco Totti

Kapten AS Roma, Francesco Totti mengalami cedera ketika melawan Livorno saat musim 2007-08 mendekati fase akhir. Cedera tersebut sekaligus membuatnya absen saat timnya memenangkan final Coppa Italia beberapa pekan setelahnya.

Totti menghabiskan empat bulan di ruang perawatan untuk memulihkan cederanya dan baru kembali bermain di awal musim berikutnya. Setelah pulih, penampilan Totti masih tetap menawan di atas lapangan hijau.

 

5. Robert Pires

Robert Pires tampil gemilang pada musim 2001-02, sehingga terlihat lebih unggul dari pemain hebat Arsenal lainnya seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp dan Patrick Vieira pada masa itu. Bahkan, Pires mengakhiri musim tersebut dengan gelar Premier League dan mendapat penghargaan Pemain Terbaik. Meski begitu, ia harus istirahat lebih awal karena mengalami cedera.

Cedera tersebut memaksa Pires harus rehat selama tujuh bulan yang mengakibatkan ia absen di Piala Dunia 2002. Selain itu The Gunners sangat kehilangan pemain Prancis tersebut sehingga harus merelakan gelarnya jatuh ke tangan Manchester United pada musim 2002-03.

Menurut kamu gimana? Mana yang jadi pemain idolamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *