8 Momen Mesra Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

(instagram.com/jokowi)

Menjelang penyelenggaraan Pemilu pada 17 April, persaingan antara kubu Jokowi dan Prabowo makin terasa. Pasangan nomor urut 01 dan 02 ini pun tak lepas dari saling sindir.

Meski kedua kubu di permukaan terlihat memanas, namun ada momen-momen ‘mesra’ antara Jokowi dan Prabowo di beberapa kesempatan. Kamu pasti ingat kan pada saat keduanya ‘berpelukan’ di ajang Asian Games? Bukan itu saja. Berikut ini rangkuman kemesraan Jokowi dan Prabowo:

1. Jokowi-Prabowo bertemu di Istana Bogor

9 Momen Akrab Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 17 November 2016, Prabowo mengatakan kepada Jokowi akan mendukung usaha bersama dalam membangun bangsa Indonesia. Dalam pertemuan itu, Prabowo menyatakan mendukung pemerintahan Jokowi.

Pertemuan ini merupakan balasan Prabowo kepada Jokowi, setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu lebih dulu menyambangi kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor sebelumnya.

2. Prabowo gandeng tangan Jokowi

9 Momen Akrab Jokowi dan Prabowo yang Bikin AdemANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Prabowo dan Jokowi hadir di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/8) pukul 16.30 WIB untuk menyaksikan cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018. Jokowi langsung disambut Prabowo yang lebih dulu hadir di sana.

Prabowo yang mengenakan pakaian silat serba hitam itu kemudian menggandeng Jokowi yang saat itu mengenakan kaos putih dan jaket merah. Jokowi kemudian duduk di antara JK dan Prabowo serta terlihat berbincang beberapa saat.

3. Jokowi dan Prabowo berpelukan setelah atlet pencak silat menang di final Asian Games 2018

Momen yang satu ini paling akrab hingga viral, setelah atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah mendapat emas pada final Indonesia vs Vietnam.

Berawal, saat Hanifan berlari ke arah Jokowi dan Prabowo sambil membawa bendera merah putih. Ia langsung merangkul dan memeluk kedua capres tersebut.

Prabowo mengaku merasa gembira saat berpelukan dengan Jokowi dan Hanifan.

4. Jokowi dan Prabowo membuat vlog bareng

View this post on Instagram

Semuanya untuk Indonesia …

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Jokowi tak menyia-nyiakan momen ketika atlet pencak silat Wewey Wita mengalungkan medali kemenangannya. Dia segera mengarahkan kamera ponsel depan sambil berbicara dan mempersilakan Prabowo serta Wewey, yang berada di podium, ikut berbicara di depan kamera. Sekarang vlog mereka bertiga bisa dilihat di akun Instagram Jokowi @Jojowi.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengunggah hasil swafoto mereka berdua di akun Instagramnya @Prabowo. Ada dua foto yang ia unggah, pertama saat keduanya membuat vlog bersama atlet pencak silat Wewey Wita yang mengalungkan medali kemenangan. Kedua, mereka tampak bergantian mengucapkan selamat kepada Wewey.

5. Kesepakatan kampanye damai

9 Momen Akrab Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

Sejak awal, KPU memang melarang penggunaan atribut partai politik dalam acara deklarasi kampanye damai. Penyelenggara pemilu tidak ingin ada sekat pembatas di antara masing-masing kubu capres-cawapres. Rangkaian acara diawali dengan pawai atau karnaval yang diikuti pasangan capres-cawapres, serta petinggi parpol pendukung.

Puncaknya, penandatanganan komitmen kampanye damai. Untuk pertama kalinya, kedua pasangan capres-cawapres berikrar untuk menjalankan kampanye damai selama tujuh bulan ke depan. Pada bagian akhir, capres-cawapres beserta pimpinan parpol pendukung bersama-sama melepaskan burung merpati yang melambangkan perdamaian di antara kedua pihak yang akan bersaing dalam Pilpres 2019.

6. Jokowi dan Prabowo berpelukan saat debat capres pertama

9 Momen Akrab Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

Pada sesi akhir debat, masing-masing capres diberikan kesempatan memberikan testimoni terkait lawannya. Namun, keduanya tidak berkomentar apapun.

Kendati, bukan berarti hal tersebut merupakan tanda ‘perang dingin’ antara kedua kubu. Buktinya, usai sesi keenam berakhir, kedua paslon langsung berjalan ke tengah dan berpelukan.

Jokowi dan Prabowo tampak begitu akrab. Sambil menyapa hangat, keduanya saling ‘cipika-cipiki’ dan berpelukan.

7. Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada Prabowo dan mengunggah foto bareng keduanya

Momen keakraban Jokowi dan Prabowo juga terlihat saat Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada capres nomor urut 02 Prabowo. Ucapan selamat disampaikan Jokowi melalui akun media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook.

Jokowi turut mengunggah fotonya bersama Prabowo. Foto tersebut diambil saat keduanya menghadiri kompetisi pencak silat dalam Asian Games 2018.

8. Jokowi-Prabowo akrab saat pengundian nomor urut Pilpres 2019

9 Momen Akrab Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

Momen menyejukkan lainnya, saat Jokowi-Prabowo mengambil undian nomor urut pasangan capres-cawapres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat 21 September 2018. Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat nomor urut 01, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga nomor urut 02.

Suasana saat itu diwarnai keakraban di antara kedua pasangan calon meski mereka sedang berkompetisi. Hal itu terlihat dari pernyataan kedua paslon saat diberikan kesempatan berbicara.

Jokowi misalnya, menyebut Prabowo dan Sandiaga sebagai sahabat lama. Sandiaga juga mengamini ucapan Jokowi. Bahkan, sebelum proses pengambilan nomor urut dimulai, Jokowi bertemu Prabowo.

Nah kan kalau gini kelihatan jadi adem ya guys. Pemilu jangan dibawa panas makanya, orang pemimpin saja damai kok. Peace!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *