Kamu Pemilih Pemula? Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Pemilu 2019 (Foto: instagram.com/bawasluri)

Pasti kamu sudah tau kan ya, bahwa pada 17 April 2019 besok akan diadakan pemilu serentak di Indonesia. Artinya adalah, pada hari itu, semua warga Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan untuk memilih, akan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin Indonesia untuk periode selanjutnya.

Apa itu pemilu pemula (Foto: pixabay.com)

Suatu perbuatan yang mudah, tetapi sangat sulit untuk menentukan pilihannya, bukan? Apalagi bagi kamu yang masih pemilih pemula. Sebenarnya, apa sih pemilih pemula itu? Kenapa pula harus disebut sebagai pemilih pemula?

Pemilih pemula itu adalah sebutan bagi kamu yang baru ikutan memilih di pemilu 2019 besok. Makanya, disebut pemilih pemula. Oh iya, ada beberapa hal yang harus diketahui bagi pemilih pemula loh. Dikarenakan pemilu 2019 besok akan ada yang berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Bawaslu (Foto: instagram.com/bawasluri)

Seperti yang dikutip dari hai.grid.id, menurut Abhan, SH. MH. selaku Ketua Bawaslu, tahun ini pemilihan anggota legislatif akan digabungkan dengan pemilihan presiden beserta wakilnya.

“Tahun 2014 kan tidak serentak. Ini adalah tantangan terbesar bagi penyelenggara pemilu dalam menyelenggarakan Pemilu Nasional Serentak pada 17 April mendatang,” ujar Ketua Bawaslu tersebut.

Nah, biar kamu nggak salah pilih, ada beberapa hal yang bisa kamu lakuin sebelum memilih. Kira-kira ada apa aja ya? Lihat list-nya dibawah ini ya,

 

1. Pastiin dulu bahwa kamu sudah terdaftar sebagai pemilih

Pemilih pemula sudah terdaftar (Foto: pixabay.com)

Bagaimana sih, caranya buat mastiin kamu sudah terdaftar sebagai pemilih? Kamu bisa cek status kamu sebagai pemilih atau tidak dengan cara mengakses situs http://www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Jika sudah masuk, kamu langsung input aja Nomor Induk Kependudukan (NIK) kamu yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Gimana kalau kamu yang sudah masukkin NIK tapi nggak keluar? Tenang aja, nggak usah panik. Apabila kamu sudah memenuhi syarat sebagai pemilih namun nggak terdaftar, langsung aja lapor untuk dimasukan ke daftar pemilih hasil perbaikan (DPTPH).

 

2. Kenali rekam jejak calon

rekam jejak calon (Foto: instagram.com/bawasluri)

Kamu sudah tahu belum, tokoh siapa saja yang akan mencalonkan dirinya untuk pemilu 2019 nanti? Kalau kamu sudah tahu siapa saja calon-calonnya, kamu juga harus tahu latar belakang kenapa tokoh tersebut ingin mencalonkan diri.

Perhatikan sepak terjang dari masing-masing calon sampai pemilihan nanti. Jangan lupa juga untuk cari tahu visi, misi, serta program kerja bagi kandidat-kandidat yang akan mencalonkan diri. Kamu juga bisa cari tahu di situs infopemilu.kpu.go.id, yang sudah lengkap data-datanya. Oh iya, pastikan juga hal ini, apakah si calon pernah terlibat dengan kasus-kasus tertentu di jabatan sebelumnya.

 

3. Kritis melihat informasi

kritis informasi (foto: pxabay.com)

Informasi mengenai kandidat calon, bisa dengan gampangnya kamu cari di internet. Tetapi tetap saja ya, informasi tersebut jangan kamu terima bulat-bulat. Harus kamu saring terlebih dahulu informasinya. Apalagi kalau kamu belum yakin dengan informasi tersebut, lebih baik kamu diamkan saja ya.

 

4. Jangan sampai golput

Jangan golput (Foto: pixabay.com)

Golput itu nggak keren loh! Karena kalau kamu memutuskan untuk tidak memilih, berarti kamu tidak ikut berpartisipasi dalam memajukan Indonesia. Dengan ikut memilih, kamu juga memberikan kontribusi yang besar untuk Indonesia sendiri.

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebagai pemilih pemula. Ingat! Jangan sampai kamu salah memilih dan jangan sampai golput ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *