Jumlahnya Lumayan Besar, Pemilih Pemula Dapat Titipan Pesan Khusus dari Ketua DPR

Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019. (Foto: instagram.com/sandiuno)

Tahun 2019 akan menjadi momentum perubahan untuk Indonesia. Di tahun politik ini, masyarakat Indonesia akan memilih jajaran pejabat negara yang akan menjadi pemimpin bangsa menuju masa depan yang lebih baik.

Rakor Persiapan Debat Capres-Cawapres Pemilu 2019.
(Sumber: instagram.com/@kpu_ri)

Hal baru yang akan terjadi di pemilu tahun 2019 ini adalah Pemilu Serentak, dimana pemilih akan langsung memilih anggota legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden di saat yang bersamaan. Pada Pemilu Serentak 2019, pemilih akan mendapat 5 surat suara, yang akan dibedakan dengan warna. Kelima surat suara nya antara lain adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara Anggota DPR RI, surat suara anggota DPD RI, surat suara anggota DPRD Provinsi dan surat suara anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Simulasi pengenalan alat logistik Pemilu 2019.
(Foto: instagram.com/kpu_ri)

Hal lain yang akan berbeda dengan pemilu sebelumnya adalah jumlah pemilih pemula yang bisa dikatakan cukup membludak di tahun ini. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo berharap agar para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi terbesar di Indonesia ini, karena suara mereka sangat menentukan masa depan bangsa ini.

KPU RI Lucky Firnandy Majanto pada penutupan Orientasi Tugas Anggota KPU kab/kota 2018-2023.
(Foto: instagram.com/kpu_ri)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo juga menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ia terima, ada sekitar 14 juta pemilih pemula yaitu generasi muda yang memiliki hak pilih untuk pertama kalinya. Dengan jumlah yang bisa dikatakan besar ini, para pemilih pemula dianggap memiliki peranan penting dalam penentu kemenangan dan diharapkan untuk tidak golput.

Salah satu pesan Komisioner Hasyim Asy’ari saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90.
(Foto: instagram.com/kpu_ri)

Untuk menjadi pemilih yang cerdas, yang perlu dilakukan para pemilih pemula adalah yaitu memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih, dan mengenal lebih jelas calon dengan mempelajari rekam jejak dari setiap calon yang akan dipilih. Para pemilih pemula juga diharapkan selalu waspada dengan bahaya hoax atau berita bohong serta perhatikan informasi yang diberikan datang dari pihak yang bisa dipercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *