Ini Fatalnya Salah Beli Helm, Sebelum Beli Helm Baca Ini Dulu!

Helm Sesuai (twitter.com/TMCPoldaMetro)

Pentingnya menggunakan helm saat berkendara ternyata masih diabaikan oleh orang-orang. Di Indonesia, banyak yang menggunakan helm hanya sebagai formalitas agar tidak ditilang. Nah, jangan asal beli. Nyawa taruhannya!

Akhirnya asal pakai helm dilakukan pengendara tanpa tahu fungsi sebenarnya. Padahal jika kamu menggunakan helm yang tidak sesuai ukuran, risiko yang datang bisa lebih tinggi lho.

Jenis-jenis Helm (twitter.com/gilamotor)

Hal tersebut bahkan sedang diteliti oleh Transport Research Laboratory (TRL) tentang pemasangan helm yang baik dan benar. Sebelumnya penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2014 untuk meningkatkan keselamatan pengendara jika terjadi kecelakaan.

Dilansir dari Visordown, sebuah survei yang menunjukkan hasil mengejutkan. Ada 20% responden mengklaim bahwa helm mereka hampir terlepas saat tabrakan.

Helm Sesuai (twitter.com/TMCPoldaMetro)

Ternyata hal ini disebabkan karena 25% pengendara sepeda motor memiliki helm yang salah ukurannya, setengahnya memakai helm yang ukurannya terlalu besar.

Itu jika kamu menggunakan helm kebesaran, ternyata helm yang terlalu kecil juga berbahaya. Meskipun tidak terlepas saat tabrakan, risiko cedera serius pada kepala bisa saja terjadi padamu.

Membeli Helm Online

Membeli helm Online (twitter.com/bisniscom)

Hal ini terjadi karena 25 % responden survei menunjukkan bahwa mereka membeli helm secara online. Penggunaan helm yang baik dan benar sesuai ukuran justru mencapai angka terkecil. Mereka yang mencoba helm terlebih dahulu sebelum membeli hanya ada 3%.

TRL pun saat ini sedang mengupayakan agar pengendara selalu menggunakan helm yang sesuai. Mereka melakukan penelitian memindai kepala pengendara motor dan membandingkannya dengan dummy. Dummy ini dibuat untuk menguji ukuran helm.

Mereka pun berharap dapat membuat membuat headform yang lebih realistis untuk digunakan dalam pengujian dan pembuatan helm.

Tips Pilih Ukuran Helm yang Sesuai

Helm Harus Sesuai (instagram.com/fkrviralbanget)

Jika kamu bingung bagaimana menentukan ukuran helm yang tepat, kamu bisa sesuaikan dengan lingkar kepala. Kemudian dilihat juga bentuk rahang untuk menentukan seberapa tebal busa pipi atau cheek pad.

Untuk ukuran rekomendasi, biasanya XS cocok dipakai untuk yang punya lingkar kepala 53-54 cm, S: 55-56 cm, M: 57-58 cm, L: 59-60, XL: 61-62 cm, dan XXL: 63-64 cm.

Ukuran Helm (twitter.com/gilamotor)

Kamu juga bisa mengetahuinya saat digunakan, helm tidak bergeser ke kiri atau kanan. Helm yang sesuai ukuran umumnya memiliki jarak dua ruas jari antara bibir dengan bagian pelindung dagu pada jenis helm full face.

Semoga kesadaran pengendara untuk memakai helm yang sesuai ukuran semakin besar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *