Wajib Bangga! Desa Terbersih di Dunia Ini Ternyata Ada di Indonesia

3 Fakta unuk desa Penglipuran. (instagram.com/deethasha)

Desa Penglipuran dinobatkan menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia. Kini, desa ini jadi destinasi wisata hits di Bali, lho. Sudah pernah ke sana belum, guys?

Desa Penglipuran berlokasi di kawasan Bangli, tepatnya di Jalan Rambutan. Desa Penglipuran kini tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih saat liburan sekolah tiba atau akhir tahun.

Bukan hanya suasananya yang damai dan sejuk, di desa ini pengunjung bisa menemukan beragam fakta unik, lho!

Berikut beberapa fakta unik Desa Penglipuran.

1. Hutan Bambu Pelindung Desa

View this post on Instagram

#bamboo#bambooforestbangli#panglipuranvillage#bangli

A post shared by bali driver (@astapakadek9776) on

Perlu diketahui, sekitar 40 persen atau 45 hektar dari 112 hektar luas wilayah Desa Penglipuran adalah hutan bambu. Hutan bambu dibiarkan tumbuh mengelilingi desa dan menjadi kawasan resapan.

Tak hanya itu, hutan bambu yang dibiarkan tumbuh ini juga menjadi manifestasi bahwa masyarakat adat Penglipuran terus menjaga keseimbangan antara manusia dengan alam. Adem banget kayanya, ya?

 

2. Larangan Poligami

Poligami atau beristri lebih dari satu merupakan dosa besar bagi masyarakat adat Desa Penglipuran.

Jika ada yang melanggar maka akan dikucilkan dan hidupnya dipindahkan ke sebuah kawasan khusus.

Tak hanya itu, upacara pernikahan juga tidak akan diterima di desa, bahkan orang tersebut kemungkinan diusir dari desa.

 

3. Penganut Falsafah Kalapatra

View this post on Instagram

Mimpi bukan yang hal anda lihat dalam tidur,tetapi itu hal hang tidak membuat anda tidur,,, -Bali 12-2-2019 Www kampong bersih com Muslim tour guide/Funny tour guide/Tole meong/Tole monkey/Very Cheap!! (Balitripp 2018) Call/DM/PM/Whatsapp >> +6285738908514 Call/DM/PM/Whatsapp >> +6285738908514 Call/DM/PM/Whatsapp >> +6285738908514 #bismillahirrohmanirrohim #sewamobilmurah #balitransportservice #tolemeongbalipackage #tolemeongmuslimbalidriver #balitour #balitravel #balimuslimphotographer #balifunnyguide #balisurfinglesson #balimuslimdriver #balicheaptransport #balimuslimtourguide #balibackpackers #balimuslimtour #halalfoodbali #balicheaptravel #balihoneymoonpackage #balispecialtourservice #balihalalfood100% #balitransportmurah #balicheaptransport #balivacations #baliRm100 #pakejpercutiankebalimurah #halalfoodbali #makananhalalbali #balitrip #balilife #BaliDolphins #BaliSurf #supirbali

A post shared by Tole Meong (Tole Monkey) (@tole_meong19) on

Meski Desa Penglipuran telah menjadi desa konservasi sejak tahun 1980-an, yang artinya desa ini tetap menjaga tradisi dan budaya yang dimilikinya, namun penduduknya menganut falsafah Kalapatra.

Menurut warga, Kalapatra adalah falsafah masyarakat adat Desa Penglipuran yang tidak kaku melihat budaya orang lain, dalam kata lain, tidak seperti desa adat pada umumnya yang tertutup terhadap budaya orang lain, desa ini terbuka dan orang-orang di dalamnya bisa menikmati budaya orang lain.

Dilihat fakta-fakta di atas, kebayang kan damai dan ademnya suasana lingkungan di desa ini. Jadi, kamu tartarik berkunjung ke sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *