Anti Fakir Kuota Klub! Nih 5 Tips Jitu Hemat Kuota Internet

Ilustrasi (Pixabay.com)

Pengeluaranmu boros hanya karena kuota internet? Duh, sayang banget! Kuota internet memang nggak bisa lepas dari daftar anggaran kita setiap bulan. Makanya, kita harus pintar-pintar mengaturnya agar kuota kita pun nggak boros.

Kamu pasti pernah mengalami kuota internet tiba-tiba habis sebelum waktunya. Kalau sudah begitu, kita pasti harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli kuota baru.

Tapi, bagaimana kalau kita sedang ingin berhemat? Jangan khawatir! Di bawah ini ada 5 tips jitu yang bakal bantu kamu biar kuota internetmu nggak cepat habis. Siap-siap catat ya!

1. Cari tahu aplikasi yang menyedot kuotamu

Ilustrasi aplikasi (Pixabay.com)

Mungkin banyak dari kamu yang belum sadar kalau ada beberapa aplikasi di hp kamu yang sering memakan kuota. Untuk mengetahuinya, kamu bisa ke menus Settings lalu klik Data Usage.

Setelah scroll ke bawah, kamu akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak makan kuota. Nah, untuk biar kuota internetmu awet, kamu pilih saja aplikasi mana yang perlu di uninstall. Mudah bukan?

2. Batasi penggunaan data internet pada aplikasi

Ilustrasi (Pixabay.com)

Nggak pengen hapus aplikasi kesayanganmu? Tenang saja, kamu bisa akali dengan membatasi penggunaan kuota pada setiap aplikasi.

Beberapa aplikasi memang memiliki fitur untuk penghematan kuota. Fitur tersebut biasanya tersedia sebagai opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan data.

Caranya, kamu hanya perlu membuka aplikasi yang kamu pilih. Setelah masuk ke aplikasi, klik Setting lalu ke Back Up & Sync. Dengan begini, aplikasi kesayanganmu nggak perlu di uninstall dan kuotamu bakal tetap hemat!

3. Pilih browser yang efisien

Opera Mini (Dokumentasi pribadi)

Kamu pasti suka nggak sadar kalau pemilihan browser yang urang tepat bisa membuat kuotamu terkuras. Hal ini bisa jadi karena kinerja browser bawaan smartphone-mu kurang efisien.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengganti browser-mu dengan yang lebih efisien. Salah satu browser yang selalu jadi andalaan adalah Opera Mini.

Opera Mini memang terkenal dengankemampuannya menyimpan kuota internet dan mengompres website yang kita buka. Selain memiliki fitur data-saving, Opera Mini juga bisa mengurangi buffer video dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa memakan banyak kuota internet.

4. Selidiki aplikasi Maps

Ilustrasi maps (Pexels.com)

Kamu mungkin nggak sadar kalau aplikasi Maps di smartphone-mu ternyata bisa menyedot kuota internetmu. Jaringan internetmu akan terus bekerja karena Maps memiliki fitur turn-by-turn directions, built-in navigation, kondisi traffic secara real time, dan mode satelit.

Biar kuotamu nggak terkuras, kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini ke mode offline. Caranya, tinggal klik Search Bar di Maps, lalu menggeser ke bawah hingga terdapat ‘save map to use offline’.

5. Manfaatkan WiFi untuk download

Ilustrasi WiFi (Pexels.com)

Kamu suka download game atau film favorit? Pantas saja kuotamu cepat habis! Eh, tapi sebenarnya kamu sah-sah aja melakukannya tanpa takut boros kuota.

Tentu saja cara paling mudah adalah memanfaatkan WiFi. Selain untuk download yang kamu sukai, kamu juga bisa membatasi update aplikasi dengan hanya melakukannya jika ada WiFi.

Update aplikasi terkadang berjalan otomatis tanpa kita ketahui. Tapi, sebenarnya bisa kita ubah pengaturannya sehingga aplikasi tersebut hanya akan update jika ada WiFi yang terhubung.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan 5 tips biar kuotamu nggak boros lagi? Jadi, jangan ada alasan kuotamu habis lagi, ya! Hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *