Panggilan Untuk Seluruh Warga Bumi, Siap-siap Kedatangan Badai Matahari!

(gemintang.com)

Para penghuni bumi, saatnya kalian siap-siap untuk kedatangan badai yang telah diprediksi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). LAPAN telah memberi informasi mengenai badai Matahari yang diduga akan menuju Bumi pada Jumat (15/3) hari ini.

Sun GIF - Find & Share on GIPHY

Menurut Peneliti Pusat Ilmu Antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto memberi informasi bahwa hari ini tidak ada badai Matahari secara signifikan. Ia menambahkan bahwa sudah ada beberapa lembaga pemantau cuaca antariksa yang telah memberikan prediksi mengenai badai Matahari pada laman swifts.sains.lapan.go.id. Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa potensi badai tidak ada yang terjadi secara signifikan.

Hasil gambar untuk matahari
Badai Matahari dikabarkan akan datang ke Bumi (pexels.com)

Pada waktu sebelumnya, lembaga layanan cuaca di Inggris, Met Office memberikan peringatan bahwa pada Jumat (15/3) akan ada ledakan besar dari sinar kosmik Matahari yang mengarah ke Bumi. Badai Matahari itu dikabarkan dapat melumpuhkan GPS, sinyal ponsel, dan TV digital.

Sun GIF - Find & Share on GIPHY

Fenomena badai Matahari ini merupakan hasil dari lubang yang berbentuk ngarai di atmosfer atas Matahari. Celah panjang dan sempit di atmosfer Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal, yang mana melepaskan rentetan sinar kosmik. Pakar peramal cuaca luar angkasa akan memperkirakan badai tersebut tiba di Bumi.

Sun GIF - Find & Share on GIPHY

Selain itu, sumber dari Space Weather juga memberi penjelasan mengenai lubang yang bentuk ngarai di atmosfer Matahri menghadap Bumi dan itu memuntahkan aliran angin Matahari ke arah Bumi. Fenomena tersebut dianggap sebagai badai geomagnetik minor G1 yang tidak berbahaya.

Sun GIF - Find & Share on GIPHY

Menurut Rhorom, peningkatan intensitas dari angin surya mungkin dapat terjadi. Namun peningkatan tersebut tidak akan tajam. Hal ini bukan merupakan kasus yang ekstrim untuk menganggu sinyal dan membahayakan aktivitas sehari-hari manusia.

Jadi, kalian jangan panik-panik ya warga Bumi yang bijaksana….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *