Dikabarkan Akan Terjadi Badai Matahari, Ini Nasib Cuaca untuk Wilayah Jabodetabek

(shegznstuff.com)

Kalau mendengar kata “badai Matahari”, cuaca seperti apa yang terlintas dalam pikiran kalian? Pasti tentang cuaca panas karena sinar matahari secara besar-besar menyusup ke Bumi, bukan? Hmm, ternyata tidak selamanya seperti itu sobat Bumi!

Baru-baru ini, ada kabar mengenai Bumi akan kedatangan tamu badai Matahari pada Jumat (15/3) hari ini! Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemudian memperkirakan cuaca Jakarta dan sekitarnya mengenai badai Matahari.

Menurut pengamatan mereka, Jakarta dan sekitarnya tidak akan terpengaruh badai Matahari yang akan terjadi hari ini. Bahkan, Jakarta dikabarkan akan diselimuti awan pada siang hari ini.

Clouds GIF - Find & Share on GIPHY

Juru bicara dari BMKG, Hary Djatmiko memberi pernyataan baha meskipun sebagian besar kondisi cuaca berawan, hujan lokal masih berpotensi akan turun di kawasan Jakarta Selatan.

Raining World Travel GIF - Find & Share on GIPHY

Sedangkan, cuaca pada malam hari diramalkan akan ada hujan yang mengguyur di sebagian besar wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tetap berpotensi berawan.

Moon Sky GIF - Find & Share on GIPHY

Pada dini hari, cuaca sebagian wilayah Jakarta akan cerah berawan. Namun, rintik hujan juga masih dapat bepotensi pada dua wilayah, yaitu di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Weather Raining GIF - Find & Share on GIPHY

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara pada malam dan dini hari nanti.

Kondisi cuaca serupa juga terjadi di kawasan Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Kawasan di sekitar Jakarta pada hari ini didominasi dengan berawan. Potensi hujan ringan pada siang hari juga diramalkan terjadi pada beberapa wilayah tetangga Jakarta.

Cold Winter GIF - Find & Share on GIPHY

Dengan kondisi cuaca seperti di atas, BMKG memperkirakan suhu udara akan jatuh pada kisaran 24-33 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar 70-95 persen. Adapun kecepatan angin diperkirakan mencapai 7-27 km per jam.

Badai Matahari ini diperkirakan akan mempengaruhi satelit di orbit, bahkan berpotensi menyebabkan kurangnya navigasi GPS, sinyal ponsel, dan juga TV Satelit. Namun, BMKG memastikan bahwa badai Matahari tidak menganggu kondisi cuaca di Jakarta dan sekitarnya.

Jadi, nggak bakal kepanasan ya untuk sobat Bumi yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Untuk yang ingin berpergian, jangan lupa sedia payung sebelum hujan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *