Deretan 5 Larangan yang Nggak Habis Pikir Ternyata Terjadi di Korea Utara!

(pixabay.com)

Siapa yang tidak kenal negara Korea Utara? Negara tersebut selalu menjadi topik yang unik untuk dibahas. Dalam kehidupan di negara tersebut, memang tidak mudah terlihat dan terekspos secara bebas.

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang sangat amat tertutup. Selain itu, negara tersebut tidak pernah membiarkan informasi mengenai negaranya bocor ke luar. Benar-benar sangat rahasia, ya!

Meskipun negara tersebut bersaudara dengan Korea Selatan, namun keadaan sosialnya sangat amat berbeda. Bahkan Korea Selatan lebih dikenal oleh dunia karena K-Pop dan K-Drama.

Selain menjadi negara yang tertutup, Korea Utara memiliki banyak peraturan yang dinyatakan kejam dan tidak masuk akal. Bahkan kabarnya, peraturan tersebut bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) loh!

Duh, seperti apa ya peraturan-peraturan yang dijalankan oleh negara Korea Utara?

Dilarang Menggunakan Internet

Person Holding Wifi Logo Card
Tidak bebas menggunakan internet di Korea Utara (pexels.com)

Kayaknya, membayangkan hidup saat ini tanpa internet pasti sulit bukan? Namun hal tersebut nggak berlaku bagi negara Korea Utara. Ternyata, di negara tersebut masyarakat dilarang untuk mengakses internet.

Kata larangan ini bukan berarti benar-benar tidak bisa membuka internet, hanya saja mereka dibatasi dalam membuka situs-situs tertentu. Masyarakat Korea Utara hanya bisa mengakses 28 situs saja.

Kalau sedang bosan, mereka melakukan apa, ya?

Menyanyikan dan Mainkan Musik Sembarangan

Bernyanyi atau Memainkan Musik Sembarangan
Larangan untuk menyanyi secara bebas (wowkeren.com)

Pemerintah Korea Utara juga telah mengatur terkait musik yang didengarkan masyarakatnya. Lagu-lagu yang dianggap legal adalah sebuah lagu yang dapat mengangkat martabat rezim dan juga memuji kebesaran pemimpin Korea Utara.

Lagu yang dilarang keras diputar di Korea Utara adalah lagu-lagu produksi Korea Selatan dan lagu-lagu Barat. Jika tertangkap sedang memutar lagu tersebut, mereka akan ditangkap karena dianggap melanggar hukum.

Gaya Rambut Memiliki Aturan Baku

Gaya Rambut Masyarakat Korea Utara Juga Diatur
Gaya rambut yang diatur di Korea Utara (wowkeren.com)

Korea Utara ternyata juga membakukan aturan gaya rambut, baik untuk pria maupun wanita. Warga di sana hanya diperbolehkan memilih dari 28 gaya rambut yang dianggap resmi oleh pemerintah.

Selain itu, pada tahun 2013, Kim Jong Un melarang gaya rambut spike ala anak punk. Rambut tersebut dianggap sebagai sebuah pemberontakan.

Pembatasan untuk Menyaksikan Acara TV

Silhouette of Man in Front of Tv
Peraturan untuk menyaksikan TV di Korea Utara (pixabay.com)

Bagaimana rasanya saat dibatasi menonton TV ya? Coba tanyakan pada warga negara Korea Utara. Menurut pemberitaan, Korea Utara hanya memiliki tiga saluran televisi dan acara tersebut juga dikontrol oleh pemerintah. Saluran tersebut hanya boleh menayangkan tontonan yang menunjukan betapa gungnya presiden Korea Utara.

Warga Negara Korea Utara dilarang Berpergian ke Luar Negeri

Man Sitting Beside Black Backpack Near Railway
Larangan untuk berpergian ke luar neger (pexels.com)

Saat menjadi warga negara Korea, maka mereka akan terkurung pada negara tersebut selamanya. Pemerintah Korea Utara memberikan larangan untuk berpergian ke luar negeri. Bahkan tindakan tersebut dianggap sebagai bentuk kriminal.

Jika ada yang ketahuan mengendap-ngendap berpergian ke luar negeri, maka akan ditangkan dan akan mendapatkan hukuman berat. Hal ini menyebabkan banyak warga negara Korea Utara menyelundup pergi ke Tiongkok atau kabur ke Korea Selatan dengan resiko dihukum mati.

Duh, bikin ngeri ya peraturan di sana….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *