Suka Makan Sushi? Hati-hati dengan 4 Bahaya Kesehatan Ini!

Ilustrasi Sushi (Pixabay.com)

Kamu suka masakan Jepang? Pasti sushi dan sashimi selalu ada dalam daftar menu favoritmu! Nggak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura, di Indonesia sudah banyak banget restoran yang menyediakan menu sedap ini.

Ilustrasi (Twitter.com/pexels.com)

Biasanya, santapan sushi terdiri nasi dan ikan segar yang dibalut dengan rumput laut. Meskipun begitu, kini sudah banyak variasi sushi modern yang menggunakan berbagai bahan laut segar bahkan tambahan lain seperti mayonaise dan keju.

Sushi (Twitter.com/alwaysushii)

Di balik penampilannya yang imut dan rasanya yang segar, ternyata sushi dan sashimi punya risiko yang harus kamu tanggung, lho! Bahan laut yang biasa digunakan biasanya rentan terkontaminasi parasit yang bisa menimbulkan dampak negatif kalau termakan.

Berikut ini 4 bahaya kesehatan yang wajib diketahui para pecinta sushi!

1. Parasit dan cacing pita

Parasit dan cacing pita memang rentan berkembang di ikan mentah. Kasus medis parasit dan cacing pita pada sushi sudah sering terjadi.

Parasit yang sering menyerang adalah anisakis atau cacing herring. Anisakis ini bisa menempel pada perut atau usus.

Anisakis ini bisa menyebabkan demam, sakit perut, hingga mutah. Bahkan dalam beberapa kasus penderitanya bisa mengalami alergi hingga reaksi anafilaksis.

2. Keracunan merkuri

Sushi
Ilustrasi (pexels.com)

Kamu suka makan ikan laut banyak-banyak? Hati-hati keracunan merkuri, guys! Dokter Perawatan Primer dan Pendiri Armonk Integrative Medicine, New York, Tania Dempsey, mengatakan semua jenis ikan mengandung kadar merkuri.

Sushi, Jepang, Asia, Makanan, Baku
Ilustrasi (Pixabay)

“Tapi ikan yang bisa digunakan untuk sushi memiliki kadar merkuri lebih banyak. Seperti tuna, yellowtail, bluefin, ikan bass, dan lobster,” ungkapnya.

Keracunan merkuri bisa menyebabkan masalah pada memori otak, tremor, mati rasa, kesemutan, lemah otot,  hingga mudah tersinggung. Kamu mudah tersinggung nggak, nih? Jangan-jangan….

3. Keracunan scombroid

Person Slicing Meat On White Chopping Board
Ilustrasi (Twitter.com/pexels.com)

Kamu suka makan ikan mentah? Nggak apa-apa kok! Asal santaplah selagi masih segar dan dingin. Hal ini untuk menghindari keracunan scombroid akibat kondisi ikan yang sudah tidak segar dan mengandung histamin tinggi.

Risiko ini bisa muncul jika ikan tak disimpan di suhu dingin atau terlalu lama terpapar suhu tinggi. Keracunan scombroid ditandai dengan gejala wajah memerah, nyeri perut, pusing, muntah, diare, dan gatal-gatal.

4. Gejala listeria

Person Eating Sushi
Ilustrasi (pexels.com)

Listeria merupakan infeksi serius akibat kontaminasi bakteri patogen di makanan, terutama ikan mentah dan ikan asap. Bakteri listeria monocytogenes, staphylococcus aureus, dan bacillus cereus bisa menimbulkan masalah serius lho di ususmu, dan berbahaya banget bagi ibu hamil.

Kalau kamu suka makan ikan mentah seperti sushi, hati-hati ya dengan bakteri salmonella! Nggak cuma di ikan, bahan lainnya seperti daging juga bisa mengandung bakteri ini, guys.

Setelah mengetahui 4 bahaya kesehatan tersebut, nggak perlu takut makan sushi ya! Hehe. Yang penting jangan berlebihan dan utamakan kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *