Sering Gunakan Gaya Tausiah, Ma’ruf Amin Diminta Lepas Atribut Ulama

Calon Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin (Sumber: Instagram.com/khmarufamin_

Menjelang pesta demokrasi terbesar di Indonesia, Pemilihan Umum (Pemilu) serentak akan dilaksanakan pada tahun ini. Sebelum pelaksanaan, biasanya akan ada debat antar kandidat. Di Indonesia, debat diadakan untuk pasangan capres dan cawapres saja.

Jokowi-Ma’ruf

Agenda debat Pilpres 2019 yang ketiga sudah di depan mata. Setelah debat pertama dan kedua terlewati. Debat ketiga ini mempertemukan kedua Cawapres, yakni Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno di hari minggu (17/3) mendatang.

Akan mengusung gaya tausiah

Di debat Cawapres kali ini, Ma’ruf Amin akan tampil menggunakan gayanya sebagai kiai. Maksudnya, Ma’ruf akan menyampaikan jawaban-jawaban dalam debat dengan gaya tausiah.

Interested GIF by Nick Cannon - Find & Share on GIPHY

Memang pada dasarnya, Ma’ruf Amin merupakan seorang ulama. Jadi di debat Cawapres nanti, karakter sebagai kiai sudah melekat padanya. Seperti seorang kiai yang sedang memberikan tausiah. Namun, substansi yang dimiliki merupakan konten-konten yang menjadi isi dari tausiahnya. Memang benar, kalau gaya Ma’ruf Amin sebagai salah satu ulama di Indonesia melekat pada dirinya.

Good Robert Deniro GIF - Find & Share on GIPHY

Tak hanya gaya kiai, Ma’ruf Amin pun sudah menguasai materi debat Cawapres. Walau persiapan khusus tetap dilakukan untuk mermberikan hasil yang maksimal.

Diminta melepas atribut keagamaan

Nah, pendapat berbeda datang dari seorang pengamat politisi, Hendri Satrio. Menurut Hendri Satrio, atribut keagamaan Ma’ruf Amin diminta untuk ditanggalkan. Pasalnya, banyak pemikiran kalau ucapan para ulama tak dapat dibantah atau didebat. Hal ini menurut Hendri Satrio dinilai dapat menyulitkan Sandi.

Don'T Do It No Way GIF - Find & Share on GIPHY

Untuk mendapat debat Cawapres yang nantinya berimbang, Ma’ruf pun diminta melepaskan sementara atributnya sebagai seorang kiai dan ulama. Hal yang sama pun terjadi pada Sandi yang akan berhadapan dengan Ma’ruf sebagai politisi.

Menyadari hal itu, Hendri menyarankan agar Ma’ruf hadir bukan sebagai ulama dalam debat Cawapres mendatang. Hendri berharap agar debat Cawapres nanti berlangsung seru.

Nice Kenan Thompson GIF - Find & Share on GIPHY

Bagaimana tanggapanmu mengenai gaya kiai yang diusungĀ  Ma’ruf Amin di debat Cawapres tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *