Tragedi Penambakan Selandia Baru: Ini Tanggapan Sandiaga Uno dan Joko Widodo

Penembakan Masjid Selandia Baru (Twitter.com/dw_indonesia)

Dunia sedang berduka atas terjadinya tragedi penembakan masjid di Selandia Baru, Jumat (15/03/2019). Insiden ini menyababkan puluhan tewas dan terluka parah. Innalillahi!

Korban penembakan masjid (Twitter.com/republika)

Kota Christchurch, Selandia Baru dibuat geger dengan insiden mengerikan yang baru saja terjadi hari ini. Seorang pria bersenjata menembaki jamaah yang sedang bersiap ibadah salat Jumat.

“Ini adalah salah satu hari paling gelap di Selandia Baru. Jelas apa yang terjadi di sini adalah tindakan kekerasan yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.” kata Perdana Menteri Jacinda Ardern.

Terjadi di dua masjid

Tragisnya lagi, penembakan ini terjadi di dua masjid, yaitu Linwood dan Al Noor. Seorang saksi mata megatakan, ia melihat seorang pria berpakaian militer dan membawa senapan otomatis yang sudah bersiap sembaran tembak di majid Al Noor.

Menewaskan puluhan jiwa

Korban penembakan masjid (Twitter.com/kabargolkarcom)

Menurut laporan, insiden tragis tersebut menewaskan 40 jiwa dan setidaknya 50 orang luka parah. Lokasi penembakan pun ramai dengan warga yang histeris dan mobil ambulans yang sibuk mengangkut para korban.

Dua WNI jadi korban tewas

Korban penembakan masjid (Twitter.com/liril345)

Kabar terbaru, Dubes RI di Selandia Baru, Tantowi Yahya menyatakan ada dua WNI yang turut jadi korban dalam tragedi tersebut. Dua WNI yang menjadi korban adalah ayah dan anak.

“Seorang bapak dan anaknya, yang solat di masjid tersebut. (Identitas) belum bisa kami sampaikan,” tutur Tantowi.

Ucapan bela sungkawa Sandiaga Uno

Peristiwa tragis ini sontak dikecam oleh dunia. Tak terkecuali oleh Tanah Air yang telah kehilangan dua WNI.

Menyoroti musibah ini,  Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memberikan tanggapan melalui akun Twitter pribadinya. Berikut ucapan bela sungkawa dari Sandiaga Uno:

Sandiaga Uno juga menyematkan video ucapannya dalam cuitannya tersebut.

“Kami semua mendoakan agar pengusutan terhadap kejadian ini bisa menegakkan suatu keadilan bagi kita semua. Mari kita saling mendoakan. Assalamualaiku Warrahmatullahi Wabarakatuh.” kata Sandiaga Uno menutup ucapannya.

Ucapan Joko Widodo terkait tragedi

Presiden RI, Joko Widodo juga memberikan tanggapan terkait WNI yang tewas mengenaskan akibat tragedi ini. Jokowi menyatakan, ia juga sudah mendapat laporan dari Kementrian Luar Negeri.

Jokowi menyampaikan kalau kepastian informasi selanjutnya mengenai tragedi ini akan segera disampaikan. Aksi mengerikan ini juga dikecam keras olehnya.

“Terlepas siapa itu pelakunya, kita sangat mengecam keras aksi kekerasan seperti ini.” tutup Jokowi dalam wawancara oleh Kompas TV.

Semoga pelaku segera mendapat ganjaran yang seberat-beratnya tanpa ampun. Dan untuk keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan oleh Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *