Insiden Selandia Baru Bisa Berdampak Pada Kelompok Teror di Indonesia

Penembakan Masjid Selandia Baru (Twitter.com/dw_indonesia)

Insiden penambakan yang terjadi di Selandia Baru mengegerkan masyarakat dunia. Insiden ini telah memakan korban. Tak hanya itu, insiden ini pun akan berpengaruh di Indonesia.

Penembakan yang dilakukan di masjid di Christchurch, Selandia Baru terjadi saat puluhan jemaah masjid tengah mempersiapkan ibadah shalat Jumat. Ternyata, ini dinilai bisa membangungkan sel-sel teroris yang tertidur di Indonesia.

Scared Oh No GIF by Portlandia - Find & Share on GIPHY

Kabarnya, seorang pengamat terorisme, Al-Chaidar menyampaikan kalau sel teroris yang ada di Indonesia akan bereaksi atas penembakan yang terjadi di Selandia Baru sana.

Dihubungan dengan kelompok jaringan teror lain

Al-Chaidar melihat jaringan atau kelompok yang berhubungan dengan jaringan kelompok teror lain yang akan tetap fokus dalam menyerang lawannya, yaitu aparat penegak hukum.

Sad Tobey Maguire GIF - Find & Share on GIPHY

Selain itu, penembakan ini mempunyai efek berantai yang pasti akan ada reaksi yang muncul. Menurut Chaidar juga, sel-sel tidur di Indonesia kemungkinan akan bereaksi semuanya.

Melakukan cara serupa

Al-Chaidar juga berpendapat kalau cara-cara atau aksi terorisme di Selandia Baru bisa serupa dengan cara-cara yang telah dilakukan oleh jaringan teror lain. Di lain sisi, Al-Chaidar turut menyinggung efek lebih jauh terkait penembakan yang ada di Selandia Baru, yaitu ketakutan akan Islam atau yang biasa dikenal dengan Islamphobia.

Sad Doctor Who GIF - Find & Share on GIPHY

Apalagi, sampai saat ini, banyak masyarakat yang masih punya sudut pandang dengan mengindentikkan aksi teroris dengan Islam. Memang telah diketahui kalau insiden penembakan ini terjadi di dua masjid, yakni Masjid Al-Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru.

Sungguh aksi yang tak manusiawi sekali. Bagaimana tanggapan kamu mengenai aksi penembakan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *