Terkuak! Inilah Alasan Kenapa Menguap Itu Menular

Alasan menguap (unsplash.com)

Kamu pernah melihat kalau tiap ada orang yang menguap, pasti orang yang berada di dekatnya atau mungkin kamu sendiri jadi ikutan menguap juga? Dulu sempat jadi misteri alasan dibalik menguap itu menular.

Kini, alasannya telah terungkap. Kabarnya, fenomena itu muncul karena adanya aktivitas pada bagian otak yang bertugas untuk bertanggungjawab atas fungsi motorik. Rupanya, hal ini telah dibuktikan terhadap 36 orang dewasa. Hal ini diuji coba saat orang itu sedang melihat orang lain menguap melalui video. Nah, aktivitas otak para partisipan selama percobaan dengan menggunakan stimuli magnetik transkranial (TMS).

Tired Back To School GIF by Originals - Find & Share on GIPHY

Ternyata, saat menonton video orang menguap tersebut, aktivitas otak bisa juga diketahui. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology pada Agustus 2017 lalu, para peneliti itu menyebut bahwa fenomena tersebut muncul karena adanya aktivitas pada bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi motorik.

Dua jenis percobaan dilakukan

Ada dua jenis percobaan yang dilakukan, di antaranya partisipan diminta mencoba serta menahan untuk tak menguap saat menyaksikan video orang yang menguap, dan melakukan hal sama seperti instruksi pertama dengan menambahkan aliran listrik ke kulit kepala.

Excuse Me Wow GIF by Mashable - Find & Share on GIPHY

Wah, tak sulit, kan? Jadi, arus listrik ini dimaksudkan guna merangsang korteks motorik yang diperkirakan bisa berpengaruh terhadap keinginan seseorang untuk ikut menguap.

Benar saja, pihak peneliti akhirnya mendapatkan temuan bahwa kecenderungan seseorang untuk meniru orang lain menguap berkaitan dengan tingkat aktivitas otak di korteks motorik dari para partisipan.

Alasan dorongan kuat untuk menguap

Ketika arus listrik dialirkan ke daerah tersebut, dorongan untuk menguap turut meningkat, atau dengan kata lain kecenderungan menguap akan semakin bertambah seiring banyaknya aktivitas pada korteks motorik.

Oh My God Wow GIF - Find & Share on GIPHY

Para peneliti juga menemukan bahwa hanya sebagian yang sukses menolak keinginan menguap setelah dorongan untuk menguap justru naik saat partisipan diminta menolaknya.

“Dengan kata lain dorongan untuk menguap meningkat seiring dengan keinginan diri sendiri untuk mencoba menghentikan aktivitas menguap itu,” ujar Profesor Neuropsikologi Kognitif Universitas of Nottingham Inggris, Georgina Jackson dalam penelitian tersebut.

I Know Right Mean Girls GIF - Find & Share on GIPHY

Jadi, itu alasannya kenapa orang lain juga ikut menguap saat orang di dekatnya menguap? Kamu pernah mengalaminya juga?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *