Pelaku Teror Kejam di Selandia Baru Terpengaruh Paham Ekstremisme

(Instagram/@soillgo)

Salah satu pelaku penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, disebut termotivasi paham ekstremisme. Ia diketahui mendukung ideologi sayap kanan. Diketahui, pahamnya tersebar lewat unggahan manifesto di akun Twitter. Pelaku menyatakan kebenciannya terhadap imigran Muslim di Eropa.

Dari klaim yang disebarkan pelaku teror kejam yang disebut-sebut bernama Brenton Tarran itu disebutkan ia mendukung kelompok supremasi kulit putih. Selain itu, Ia juga mengagumi penembak massal. Dalam unggahannya, Tarran memperlihatkan majalah dengan sejumlah nama. Salah satunya Alexandre Bissonnette yang menjalani hukuman seumur hidup karena menembak dan membunuh enam orang di sebuah masjid di Quebec, Kanada, pada 2017.

Selain itu, ada Luca Traini seorang ekstremis sayap kanan yang diduga menembak enam orang Afrika di Italia pada Februari 2018. Majalah-majalah itu juga merujuk beberapa pertempuran di mana Kekaisaran Ottoman dikalahkan.

Kaum nasionalis penganut supremasi kulit putih diketahui menjadikan insiden terorisme di seluruh dunia sebagai stimulus untuk perjuangan mereka. Mereka mengutuk serangan terorisme sebelumnya dan mengutuk apa yang mereka nilai sebagai ketidakadilan.

Seorang dosen senior Krimonologi dari Universitar Murdoch di Perth Mark Briskey menyebutkan ekstremisme kanan-anti-imigran memiliki sejarah panjang di Australia dan dalam beberapa tahun terakhir fokus mereka telah bergeser ke Muslim. Yang menyedihkan ada tokoh publik di Australia yang semakin menyebarkan pandangan ini. Senator Australia Fraser Anning secara terang-terangan menyebut istilah “solusi akhir” dalam seruan untuk membatasi imigrasi Muslim.

View this post on Instagram

#new#newzealand

A post shared by おがべく (@ogabek_30) on

Pernyataan semacam ini menurut Briskey menyiratkan pesan tersembunyi bagi orang-orang yang mungkin tertarik pada narasi sentimen terhadap Islam semacam ini. Sepertinya hal seperti itu juga bisa menimbulkan tindakan brutal seperti yang dilakukan Brenton.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *