Setelah Dipecat Disney, James Gunn Kembali Menyutradarai Guardians of the Galaxy 3

James Gunn (instagram.com/cantinadomos)

Pertengahan 2018 lalu Disney tiba-tiba menggemparkan fans Guardians of the Galaxy. Karena Sutradara sekaligus penulis dari proyek film ini dipecat akibat cuitan kontroversial Gunn di akun Twitternya pada tahun 2008 hingga 2009. Tapi sepertinya tidak ada yang bisa menggantikan Gunn, hingga akhirnya Disney melakukan hal ini!

View this post on Instagram

@jamesgunn WE ARE GROOT!!! (@rocketfrommarvel)

A post shared by Groot (@grootfrommarvel) on

Sutradara sekaligus penulis, yang lahir pada 5 Agustus 1966 ini, sebelumnya telah dipecat dari proyek film Marvel setelah tweets kontroversialnya mencuat ke publik tahun 2018 lalu. Penyebabnya karena cuitan kontroversial Gunn di akun Twitternya. Cuitannya itu menyinggung mengenai pemerkosaan, pedofilia, kejadian 9/11, hingga Holocaust, yang diposting pada 2008 dan 2009. Namun, pada 2011 lalu, Gunn dikabarkan juga sudah sempat meminta maaf.

Mendengar kabar tersebut, ketua Walt Disney Studio, Alan Horn, pun ikut menanggapi hal ini. Horn mengatakan bahwa  pernyataan James Gunn di Twitternya tidak boleh didiamkan. Hal itu tidak sesuai dengan etika dan nilai-nilai yang diyakini Disney. Hingga akhirnya, Disney pun langsung memutuskan kerja sama dengan Gunn di pertengahan tahun 2018 lalu.

Mengetahui kabar tersebut, rival abadi Marvel, DC tidak tinggal diam. Tahu ada sutradara bertalenta yang sedang menganggur, mereka langsung bergerak cepat. Hingga akhirnya DC mengumumkan bahwa James Gunn resmi bergabung dengan keluarga DC, dan akan ikut dalam proyek Suicide Squad 2 sebagai penulis naskah dan sutradara.

Dengan berpindahnya Gunn ke DC, Marvelnya ternyata pusing sendiri. Karena sempat kesulitan mencari sutradara lain untuk mengambil alih proyek Guardians of the Galaxy 3. Salah satu yang dikabarkan adalah Taika Waititi, yang sukses besar dengan film Thor: Ragnarok 2017 lalu, namun Taika langsung menolak dan membantah kabar tersebut.

 

Menjilat Ludahnya Sendiri

Takut projek tersebut akan terbengkalai tanpa kejelasan, akhirnya Disney membuat keputusan untuk mempekerjakan kembali James Gunn. Menurut Deadline yang dikutip dari theguardian, keputusan untuk mempekerjakan kembali Gunn sudah dilakukan berbulan-bulan yang lalu setelah ada percakapan antara Disney dan Marvel. Horn dilaporkan dibujuk oleh permintaan maaf dari Gunn dan serangkaian pertemuan.

““My words of nearly a decade ago were, at the time, totally failed and unfortunate efforts to be provocative,” Gunn said at the time. “I have regretted them for many years since – not just because they were stupid, not at all funny, wildly insensitive, and certainly not provocative like I had hoped, but also because they don’t reflect the person I am today or have been for some time.”

“Kata-kata saya hampir satu dekade yang lalu, pada saat itu, benar-benar gagal untuk menjadi provokatif,” kata Gunn. “Saya telah menyesali semua perkataan itu selama bertahun-tahun sejak itu – bukan hanya karena itu bodoh, sama sekali tidak lucu, sangat tidak sensitif, dan tentu saja tidak provokatif seperti yang saya harapkan, tetapi juga karena perkataan tersebut tidak mencerminkan orang yang sama seperti saya hari ini.”

Bintang-bintang dari dua film pertama sangat mendukung James Gunn, Termasuk Bradley Cooper, Zoe Saldana, Chris Pratt dan Dave Bautista, yang mengklaim ia tidak akan kembali kecuali Gunn yang menjadi sutradaranya.

Sebelumnya, Gunn telah menandatangani kontrak untuk membuat sekuel Suicide Squad dari, DC. Sebuah kesepakatan telah dibuat, bahwa produksi akan dimulai setelah Gunn menyelesaikan pekerjaannya pada Suicide Squad 2. Naskah asli yang telah dibuat Gunn, sebelum ia dipecat akan tetap digunakan.

Hingga saat ini, franchise The Guardians of the Galaxy telah menghasilkan lebih dari $ 1,6 miliar di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *