Dianggap Ganggu Konsentrasi, KPU Lakukan Keputusan Drastis di Debat Nanti

KPU akan kurangi jumlah penonton langsung debat ketiga, (instagram.com/kpu_ri)

KPU memutuskan akan mengurangi jumlah tamu undangan yang akan menonton secara langsung Debat Pilpres 2019 jilid ketiga. Kapasitas kuota jumlah pendukung setiap kandidat juga diminimalisir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengurangi jumlah penonton yang akan menyaksikan langsung debat Pilpres 2019 jilid ketiga yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada 17 Maret 2019 besok. Pengurangan jumlah penonton ini didasari alasan bahwa saat Debat Pilpres kedua, suasana terlalu riuh akibat suara dari suporter atau pendukung dari kedua paslon capres dan cawapres.

Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa total kapasitas kursi dalam ruang Debat Pilpres di Hotel Sultan sebenarnya ada 600 unit. Namun, jumlah undangan akan berada jauh di bawah angka itu. KPU memutuskan hanya akan mengundang 75 orang pendukung masing-masing kandidat untuk menonton debat pilpres ketiga secara langsung.

Selain itu, KPU juga mengundang 300 orang dari kalangan umum untuk menonton debat putaran ketiga ini di Hotel Sultan. Dengan demikian, total tamu undangan yang akan hadir dan melihat langsung Debat Pilpres 2019 jilid ketiga hanya berjumlah 450 orang saja. “Jadi ruangan akan lebih longgar. Diharapkan itu lebih tenang nanti suasananya,” ujar Arief.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso mengatakan setuju dengan pengurangan jumlah penonton langsung pada Debat Pilpres ketiga. Priyo mengaku tidak sepakat bila penonton dalam ruangan Debat Pilpres 2019 ditiadakan. Menurut dia, opsi jumlah penonton dikurangi adalah solusi yang lebih baik.

Sedangkan Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima juga setuju bila ada pengurangan jumlah penonton di arena debat. Aria juga sepakat bila pendukung masing-masing kandidat hanya akan menggunakan yel-yel yang sesuai aturan dan tak menyerang lawan. Bila ada yang melanggar, TKN Jokowi dan BPN Prabowo telah sepakat untuk melakukan penindakan.

Jadi begitu alasannya KPU mengurangi jumlah penonton pada saat debat ketiga nanti. Kan kalo suasananya tenang, paslon pun bakal fokus pada debat nanti, ya kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *