Format Debat Cawapres Diubah, Sandiaga Komentar Begini

Prabowo Memotret Sandiaga Saat Debat (Foto: instagram.com/indonesiaadilmakmur)

Meski debat capres sebelumnya sudah pernah diadakan, namun KPU selaku tim pelaksana melakukan beberapa perubahan. Hal ini demi efektifitas debat yang masukan dari berbagai pihak.

Sandiaga Uno (twitter.com/gheakhoerynisa8)

Cawapres yang akan debat nanti, Sandiaga Uno pun menyetujui hal ini. Ia sepakat dengan perubahan yaitu penambahan waktu debat dan tanya jawab antar cawapres.

“Setuju bertambah waktu, bisa ada interaksi yang lebih mendalam,” kata Sandiaga dikutip dari detik.com.

Prabowo dan Sandi (twitter.com/prabowosandi)

Menurut Sandiaga, adanya penambahan durasi meski hanya beberapa menit, maka ia dapat lebih meyakinkan masyarakat untuk memilih Prabowo-Sandiaga.

“Saya punya kesempatan meyakinkan masyarakat yang belum menjatuhkan pilihan atau belum bisa memilih secara mantap, itu bisa melihat debat,” ucap Sandiaga.

Debat Capres Kedua (instagram.com/raka__art)

Perubahan sendiri dilakukan KPU terkait format debat ketiga. Salah satu perubahan adalah adanya penambahan waktu di hampir setiap segmen debat.

“Hampir semua segmen ada penambahan waktu, dari segmen pemaparan visi misi dari hanya 3 menit ditambah menjadi 4 menit, demikian juga clossing statement sebelumnya 2 menit menjadi 4 menit,” kata Wahyu Komisioner KPU dikutip dari Liputan6com.

Pasangan capres dan cawapres (Twitter.com)

Ada hal yang diubah juga loh pada debat 17 Maret 2019 di Hotel Sultan nanti. Ternyata KPU membentuk Komite Damai yang terdiri dari enam anggota.

Anggotanya yaitu satu perwakilan KPU, satu Bawaslu dan masing-masing timses capres dua anggota. Komite ini bertugas mengantisipasi dan mendamaikan apabila terjadi pertikaian di dalam ruang debat. Wah jadi penasaran nanti akan seperti apa ya?

Persiapan Jelang Debat Cawapres Ketiga.
(instagram.com/sandiuno)

Sedangkan Sandiaga sendiri mengaku sudah melakukan persiapan. Mantan Ia juga memastikan tidak akan menyerang cawapres 01 Ma’ruf Amin dalam debat besok.

“Oh enggak, kiai kok didebat, ini forumnya forum diskusi. Kita kan enggak bisa melepas status beliau sebagai ulama besar, jadi kita hormati beliau muliakan beliau,” Sandiaga menandaskan.

Dengan penambahan waktu debat diharapkan keduanya bisa memaparkan rencana kerja dengan maksimal ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *