Jokowi Intervensi Suharso Untuk Gantikan Romy? Ini Penjelasannya!

(tempo.co)

Semenjak Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka, maka kedudukan ketua umum PPP kosong. Maka Suharso Monoarfa akan dikukuhkan sebagai Plt Ketua Umum PPP. Apa benar hal ini atas intervensi Jokowi?

(facebook/wartakota)

Dalam Mukernas yang rencananya digelar di Bogor, pada Rabu (20/3) malam ini. Suharso Monoarfa akan dikukuhkan sebagai Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menariknya, sebelum mukernas, beredar isu tak sedap, yakni diduga ada intervensi Presiden Joko Widodo dalam penunjukkan Suharso sebagai pengganti Ketum PPP yang sebelumnya dijabat M Romahurmuziy. Namun , petinggi partai berlambang Ka’bah ini secara tegas bahwa penunjukkan Suharso, murni dari internal partai. Jadi bukan karena intervensi Jokowi.

(instagram.com/jokowi)

Bahkan Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi juga menegaskan, bahwa tidak ada intervensi dari pihak manapun, termasuk dari Presiden Jokowi, mengingat posisi Suharso sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Selain itu, Arwani menjelaskan, bahwa keputusan rapat Pengurus Harian (PH) DPP PPP yang menunjuk Suharso dihasilkan karena masukan PH DPP, senior partai, dan para ketua majelis partai. Jadi kesimpulan rapat harian ini, menurut Arwani, memutuskan kalau partai berlambang Kakbah itu membutuhkan satu sosok yang cepat dan kuat untuk dapat menakhodai PPP. Maka terpilihlah Suharso Monoarfa.

(tempo.co)

Adapun Mukernas PPP akan berlangsung pada Rabu-Kamis besok. Ia juga mengatakan, bahwa agenda mukernas akan mengukuhkan apa yang telah diputuskan dalam rapat harian. Padahal sebelumnya diberitakan bahwa, PPP akan Mukernas di Hotel Seruni, Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (20/3). Agenda utama dari mukernas ini adalah pengukuhan pelaksana tugas ketua umum.

(facebook/Reni Marlinawati)

Nah, Wakil Ketum PPP, Reni Marlinawati membenarkan rencanana mukernas tersebut. Suharso Monoarfa yang sebelumnya sudah ditunjuk sebagai Plt Ketum PPP menggantikan M Romahurmuziy yang terjerat kasus suap, akan dikukuhkan dalam mukernas hari ini.

(facebook/Suharso Monoarfa)

Sebenarnya siapa sih Suharso Monoarfa? Pria kelahiran Mataram, 31 Oktober 1954 ini ternyata merupakan Lulusan Akademi Pertambangan dan Geologi Institut Teknologi Bandung tahun 1975 loh! Jadi Suharso lolos menjadi anggota DPR diusung oleh PPP, periode 2004-2009 dan 2009-2014. Selain itu, Karier politiknya dilanjutkan dengan menjabat sebagai menteri Perumahan Rakyat pada periode presiden SBY sebelum akhirnya digantikan oleh Djan Faridz. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PPP.

Suharso menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan PPP. Pada 19 Januari 2015, Suharso dilantik Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Wah, ternyata sepak terjang Suharso Monoarfa di dunia politik sudah berpengalaman banget yah, pantas saja ia dipilih menggantikan Romahurmuziy.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *