Kamu Pemilih Pemula? Simak, Masalah Apa yang Harus Kamu Hindari

Sumber: Instagram.com/viasyahroni

Kamu tahu jaminan untuk pemilih pemula untuk Pemilu, sudah diatur dalam UU No. 7 tahun 2017. Isinya itu tentang adanya jaminan untuk pemilih pemula yang pada April 2019 nanti genap berusia 17 tahun. Mereka sudah bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu tahun ini. Di Indonesia, jumlah pemilih pemula bisa dibilang cukup besar, lho. Apa kamu termasuk pemilih pemula?

Pemilih Pemula (Foto: Twitter.com/@_pemilihpemula)

Banyak kejadian pemilih pemula ini punya potensi untuk kehilangan hak pilihnya. Kamu tahu apa saja masalahnya?

Nah, masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut dan harus ditemukan solusinya. Ini bisa menyelamatkan jutaan hak pilih pemula ini. Generasi paling banyak pada Pemilu 2019. Menurut kamu, kenapa hak pilih mereka bisa hilang?

Belum punya e-KTP

Walaupun pemilih pemula sudah berusia 17 di tahun ini, tapi mereka belum memiliki e-KTP. Proses perekaman dan pencetakan e-KTP mereka belum selesai. Itu merupakan kendala dan masalah yang bisa terjadi.

Bagaimana denganmu? Kamu sudah punya e-KTP, kan?

Alur Pendaftaran Pemilih ke DPT (Foto: Instagram.com/molydinii)

Ada juga nih, pemilih pemula yang telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di suatu TPS, tidak bisa menggunakan haknya di TPS tersebut. Tapi tenang saja, kamu bisa menggunakan hakmu di TPS lain, asal tunjukkan e-KTP, Surat Keterangan, dan Salinan bukti kalau kamu sudah terdaftar sebagai pemilih.

Tata Cara Pindah Tempat Memilih (Foto: Instagram.com/aidrus_asy)

Jadi, untuk kamu pemilih pemula, walau terdaftar dalam DPT tapi tidak punya e-KTP, bahkan surat keterangan, tetap saja kamu tidak bisa menggunakan hak pilihmu.

Mudah dipolitisasi

Ilustrasi kebersamaan dalam perbedaan (Foto: Instagram.com/relasikabtegal)

Selain masalah usia dan e-KTP, ternyata ada saja masalah pemilih pemula ini yang rawan dipolitisasi. Terkadang tanpa disadari, mereka dijadikan tempat untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas peserta Pileg maupun Pilpres. Ada dari mereka yang mudah didekati dan dipengaruhi untuk bersedia ikut dalam kampanye.

Politik uang

Meme Politik Uang (Foto: Instagram.com/molydinii)

Untuk yang berikutnya, masalah politik uang. Pemilih pemula ini bisa menjadi sasaran yang mudah dalam melakukan politik uang. Memang mereka juga sudah mengenal politik uang, tapi pemilih pemula cenderung dalam jumlah terbatas. Tetap saja tidak boleh dilakukan.

Belum ada pengalaman

Warna surat suara Pemilu 2019 (Foto: Instagram.com/kpupesawaran)

Terakhir, pemilih pemula belum ada pengalaman dalam mengikuti setiap langkah dalam Pemilu di TPS. Di tahun ini, cukup banyak surat suara yang harus dicoblos. Abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, Kuning untuk DPR RI, Merah untuk DPD RI, Biru untuk DPRD Provinsi, dan Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota.

Jangan sampai surat suara yang nanti kamu coblos dihitung tidak sah. Jangan malu untuk bertanya tentang langkah-langkahnya, ya.

Setelah kamu tahu tentang masalah yang akan terjadi untuk pemilih pemula, jangan malas untuk datang ke TPS. Pesta rakyat lima tahunan ini perlu dirayakan dengan semeriah mungkin oleh seluruh rakyat Indonesia dari berbagai kalangan. Percayalah, hak suaramu sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *