5 Negara yang Melakukan Pemilu Paling Demokratis

Pemilu demokratis

Salah satu warga negara telah menggunakan hak suaranya. (Foto: instagram.com/genez9395)

Pemilu akan segera tiba nih, guys! Udah pada menentukan pilihannya belum? Nah, buat kalian yang masih bingung mau pilih yang mana, jangan sampai Golput ya! Karena, sebagai negara demokratis, Indonesia memberikan hak suara untuk setiap warga negaranya. Jadi, gunakanlah sebaik mungkin.

Pemilu demokratis
Salah satu bukti warga negara Indonesia telah menggunakan hak pilihnya. (Foto: instagram.com/cestmoi_ina)

Berbicara soal demokrasi, ada juga loh beberapa negara yang juga memberikan hak suara kepada setiap warga negaranya. Nah, kira-kira negara apa saja ya yang pernah melakukan pemilu paling demokratis? Berikut ulasannya.

Denmark

Pemilu Demokratis
Bendera negara Denmark. (Foto: pixabay.com/RandnotizenORG)

Dilansir dari The economist, katanya sih kebebasan atas hak individual menjadi skor paling terbaik di Denmark. Tapi gak hanya itu, dalam kesetaraan gender dan asas transparasinya mempunyai skor tertinggi.

Ada tiga jenis pemilu di Denmark, pertama pemilihan parlemen nasional, pemilihan kepala daerah, dan terakhir pemilihan untuk Parlemen Eropa. Wah, gak kalah jauh ya kayak di Indonesia!

New Zealand

Pemilu Demokratis
Peta negara New Zealand. (Foto: pixabay.com/Kirstie_J)

Berbeda halnya dengan Denmark, di New Zealand toleransi atas keberagamannya ternilai tinggi nih! Gak hanya itu, negaranya juga ikut melibatkan perempuan dalam proses pemungutan suara.

Apresiasi pemerintah terhadap masyarakat asli juga menjadi aspek yang penting juga loh. Mereka melayani masyarakat aslinya dengan baik. Terbukti sih emang dengan adanya wakil kelompok masyarakat minortitas di pemerintahan dan parlemen. Wah, boleh nih dicontoh!

Islandia

pemilu demokratis
Seorang nenek yang menunjukkan bahwa dirinya telah memilih hak suaranya. (Foto: instagram.com/pibindia)

Kehidupan demokrasi di Islandia memiliki komitmen terkait kesetaraan sosial dan prinsip memanusiakan manusia. Wah, tentunya nasib para perempuan juga tidak perlu ditanya. Perempuan memiliki peran yang baik dalam politik maupun menjadi masyarakat biasa.

Norwegia

Pemilu demokratis
Bendera negara Norwegia. (Foto: instagram.com/optmized_andy)

Negara yang beribukota di Oslo ini dianggap sebagai negara paling demokratis loh versi The Economist. Karena katanya mereka mempunyai komitmen yang kuat terhadap makna negara demokrasi itu sendiri.

Soalnya juga nih, tingkat partisipasi politiknya tinggi, keterlibatan masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi juga sangat baik, dan yang terakhir negara sangat menjamin setiap warga negaranya terkait hak asasi manusia.

Swedia

Pemilu demokratis
Bendera negara Swedia. (Foto: pixabay.com/Unif)

Terakhir, dikutip dari The Economist, negara ini memiliki nilai partsipasi politik, kultur politik dan kebebasan sipil yang cukup baik. Gak cuma itu loh, keberfungsian pemerintah dan pluralisme cukup baik.

Gak heran sih kalau peran warga negaranya dalam pemilu bisa dibilang baik bahkan sempurna. Kira-kira Indonesia bisa gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *