Viral Video Pria Rusak Motor, Ini 7 Cara Mengontrol Amarah Agar Tak Merugikan

Cara untuk Mengendalikan Emosi (Foto: Pixabay)

Kamu pasti pernah merasa kesal dan ingin meluapkan amarah, kan? Hal itu tentu saja normal, karena amarah termasuk dalam bagian emosi manusia. Tapi kalau amarah menjadi nggak terkendali dan berubah destruktif, itu justru bisa membuat masalah.

Jika kamu nggak pandai mengatur emosi, hal itu bisa memengaruhi hubungan pribadi dan kualitas hidup menjadi memburuk. Untuk mencegahnya, ini dia cara mengontrol emosi agar hidupmu jadi lebih baik.

Berpikir Sebelum Berbicara

Berpikir (Foto: Pixabay)

Saat emosi sedang meluap, ucapan akan sulit dikontrol. Terkadang kita malah akan menyesali apa yang diucapkan setelah emosi mulai mereda. Nah untuk menghindarinya, cobalah diam sejenak untuk berpikir sebelum berbicara, saat emosi sudah mulai terkendali pikiran akan menjadi lebih rasional.

Berolah Raga

Jogging (Foto: Pixabay)

Aktivitas fisik memang punya peran penting untuk mengurangi stres. Jika amarahmu mulai meningkat, lakukan jalan cepat atau berlari-lari kecil. Saat tubuh dalam keadaan bugar, otak akan menjadi lebih fresh dan bisa mencerna informasi lebih baik.

Istirahat

Istirahat (Foto: Pixabay)

Jangan menyepelekan waktu istirahat, manfaatkan sedikit waktu luang yang kamu punya untuk mengistirahatkan pikiran. Jika pekerjaan membuatmu cukup stress, gunakanlah hari libur untuk istirahat untuk membantu tubuh siap menghadapi hari tanpa merasa kesal atau marah.

Jangan Menyimpan Dendam

Gadis Menunduk (Foto: Pixabay)

Memaafkan adalah obat paling ampuh untuk apapun. Saat kamu membiarkan amarah dan perasaan negatif mengontrol perasaan positif, maka kamu akan mendapati dirimu semakin tertekan. Tapi jika kamu memaafkan lebih dulu orang yang membuatmu marah, akan ada pelajaran yang bisa diambil dari situasi tersebut.

Praktikkan Latihan Pernapasan

Meditasi (Foto: Pixabay)

Saat amarah memuncak, coba redam dengan relaksasi singkat. Latihlah pernafasan dengan baik agar bisa membuatmu lebih tenang. Coba bayangkan memori yang menyenangkan, atau ulangi kata yang menenangkan. Kamu bisa mendengarkan musik, menulis dalam jurnal, atau mencoba pose yoga untuk berelaksasi.

Ketahui Kapan Harus Mencari Bantuan

Mencari Bantuan (Foto: Pixabay)

Belajar mengendalikan amarah adalah tantangan bagi setiap orang di saat-saat tertentu. Mencari bantuan saat emosi memuncak juga bukan hal yang baik, karena ditakutkan bisa menyakiti orang-orang di sekitar. Untuk itu, ketahui baik-baik kapan kamu harus menghubungi orang lain untuk meminta bantuan.

Ubah Fokus

Emotion (Foto: Pixabay)

Jika kamu sering merasa lebih rendah dari orang lain, hilangkan pikiran itu dan berpikirlah lebih positif. Ubah fokus pekerjaan dan tingkatkan kemampuanmu, sehingga kamu akan lebih percaya diri saat berhadapan dengan orang lain. Perlu diingat juga untuk berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, agar tidak semakin tertekan dan memunculkan emosi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *