2.049 Caleg Sembunyikan Identitas, KPU: Biar Masyarakat yang Nilai

Cetak Surat Suara Perdana Serentak (foto: instagram/kpu_ri)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat masih banyak calon anggota legislatif (Caleg) yang tidak mau membuka indentitas pribadinya ke publik. Detailnya, masih ada sekitar 2.049 dari 8.037 caleg yang belum membuka data dirinya.

“KPU mencatat mereka tidak membuka profil atau data pribadinya. Termasuk mengenai tidak pernah menjadi terpidan‎a,” ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Kamis 7 Februari 2019 yang dikutip melalui liputan6.

Meski begitu, caleg memang berhak merahasiakan identitas pribadinya. Sehingga KPU juga tidak bisa memaksa caleg untuk mengisi data pribadinya. Karena caleg juga memiliki privasi. Sehingga dia memilih untuk tidak mengisi data diri tersebut.

“‎Karena hal itu memang dijamin UU bahwa mereka juga punya hak untuk tidak di-publish. Jadi bukan keinginan KPU untuk membuka info ini,” katanya.

Ilham juga menjelaskan, KPU tidak memiliki niat apa-apa dalam mengumumkan data pribadi caleg, karena masih banyak caleg yang tidak ‎mencantumkan identitas pribadinya. KPU sifatnya hanya menyampaikan informasi kepada publik.

“Biar masyarakat yang menilai caleg yang menutup aksesnya apakah layak untuk dipilih atau tidak,” ujar Ilham.

 

Informasi yang Dibutuhkan

Adapun ‎beberapa informasi caleg yang dibutuhkan publik seperti:

1. Jenis kelamin

2. Usia

3. Riwayat pendidikan

4. Riwayat organisasi

5. Riwayat pekerjaan

6. Status khusus (terpidana/mantan terpidana/bukan mantan terpidana)

7. Motivasi (yang berisi hal-hal yang melatarbelakangi calon untuk mengajukan diri sebagai bakal calon)

8. Target/sasaran (yang berisi contoh hal-hal yang akan dikerjakan ketika telah menjadi anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota).

 

Pileg dan Pilpres Serentak 2019

Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar serentak pada 17 April 2019. Untuk pertama kalinya pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif akan dilakukan serentak.

Yang akan dipilih kali ini, sepasang presiden dan wakil presiden 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD, 2.207 anggota DPR Provinsi dan 17.610 anggota DPRD Kota/Kabupaten. Terdapat 16 partai yang mempertarungkan para calonnya, plus empat partai daerah yang khusus bertarung di Aceh.

Sedangkan untuk para pemilih, sejauh ini jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU, tercatat sebanyak 185.732.093 orang yang terdiri dari 92.802.671 pemilih laki-laki dan 92.929.422 pemilih perempuan, yang akan memilih di 805.075 TPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *