Tak Pernah Menang, Markas Myanmar Terlalu Angker Bagi Timnas Indonesia

(twitter.com/celebestop)

Setelah timnas Indonesia U-23 harus mengalami kekalahan dan tidak bisa lolos di Piala Asia 2020, ini saatnya kita menantikan laga persahabatan lawan Myanmar. Namun kamu tahu enggak sih, kalau ada satu fakta yang mengatakan bahwa timnas Indonesia sulit banget untuk menang ketika bertanding di markas Myanmar?

Kapasitas Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia akan menemui ujian perdananya. Bertajuk laga persahabatan, Indonesia akan melawat ke markas Myanmar pada Senin (25/3) pukul 18:30 WIB.

Debut McMenemy pun terbilang cukup menantang karena skuat ‘Garuda’ bakal bertindak sebagai tim tamu. Menjelang pertandingan yang masuk ke dalam kalender FIFA itu, Timnas Indonesia telah menjalani pemusatan latihan hingga ke Australia.

(twitter.com/luthfizenius)

Sebanyak tiga uji tanding pun telah dijalani Greg Nwokolo dan kolega, dengan rincian dua kali di Australia dan sekali di Indonesia. Di Negeri Kanguru, Timnas Indonesia meraih dua kemenangan atas Pert Glory (3-1) dan League League 2 All Star (5-1). Sedangkan, ketika menghadapi Bali United, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kini, pembuktian akan kualitas sesungguhnya dari McMenemy dan skuat asuhannya akan terlihat ketika menghadapi Myanmar. Lantas, bagaimana kans Timnas Indonesia untuk membawa pulang kemenangan?

(twitter.com/football_id)

Selain faktor strategi di atas lapangan hijau, satu hal yang bisa menjadi cerminan ialah catatan pertemuan kedua tim. Berdasarkan data 11vs11.com, sejak 1996, Indonesia telah bertemu 15 kali dengan Myanmar di segala ajang. Dari situ, Indonesia tercatat meraih tujuh kemenangan, tiga kali seri, dan lima kali menelan kekalahan, seperti yang dilansir dari kumparan.com.

(tempo.co)

Meski secara kalkulasi laga timnas Indonesia lebih unggul, terselip sebuah fakta bahwa tak ada kemenangan yang diraih pasukan ‘Merah Putih’ dari kandang Myanmar. Ya, dari tiga kali lawatan ke markas sang rival dalam laga persahabatan, Timnas Indonesia harus menelan dua kali kekalahan dan sekali meraih hasil imbang.

(twitter.com/kabar_kepri)

Pertemuan pertama terjadi pada 15 November 2008 yang berujung kepada kekalahan Timnas Indonesia dengan skor 1-2. Laga selanjutnya berlangsung pada 21 November 2008. Ketika itu, Indonesia kembali harus menyerah dengan skor identik 1-2.

Perjalanan tandang ke markas Myanmar baru kembali dilakukan Timnas Indonesia pada 4 November 2016. Bestatus sebagai laga persahabatan, skuat asuhan Alfred Riedl harus puas dengan skor imbang 0-0.

(twitter.com/zonabogorupdate)

Kini, bermodalkan skuat dan pelatih anyar, mampukah timnas Indonesia menghentikan rangkaian hasil negatif itu? Menarik deh untuk dinantikan.

Namun kalau menurut kamu sendiri bagaimana nih? Apakah timnas Indonesia punya peluang untuk meraih kemenangan di markas Myanmar, sehingga menoreh statistik yang baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *