5 Fobia Aneh Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Wanita Cantik (Foto: Pixabay)

Punya rasa takut atau fobia adalah hal yang wajar, karena itu bagian dari emosi manusia. Rasa takut pun terbilang umum karena bisa dimiliki oleh banyak orang sekaligus. Berbeda dengan fobia yang hanya terjadi pada beberapa orang, dan biasanya berhubungan dengan hal-hal yang nggak rasional. Karena itulah fobia sering kali dibilang aneh, hingga bisa membuatmu geleng-geleng kepala saking nggak masuk akalnya, seperti lima fobia berikut ini!

Fobia (Foto: Unsplash)

Arachibutyrophobia

Selai Kacang (Foto: Pixabay)

Pernah merasa aneh saat makanan menyangkut di langit-langit mulut? Hal itu mungkin terbilang wajar, tapi bagaimana dengan mereka yang punya ketakutan terhadap selai kacang yang menyangkut di langit-langit mulut, ya?Kamu pasti baru pertama mendengarnya kan, tapi ketakutan pada selai kacang itu benar adanya, lho.

Memiliki sebutan arachibutyrophobia, orang yang mengidap fobia ini akan menghindari produk apapun yang berbahan dasar kacang, seperti selai kacang, cokelat kacang, hingga es krim rasa kacang

Alliumphobia

Bawang Putih (Foto: Pixabay)

Ternyata bukan cuma vampir yang takut dengan bawang putih, fobia dengan bumbu dapur satu ini juga bisa terjadi pada manusia. Orang yang memiliki ketakutan pada bawang putih biasa disebut alliumphobia.

Mereka akan merasa panik saat mencium bau bawang putih. Lebih parahnya, pengidap alliumphobia akan sangat sensitif terhadap bau yang menyebabkan mereka sulit bernapas.

Ablutophobia

Shower (Foto: Pixabay)

Saat tubuh terlalu berkeringat kita pasti akan merasa nggak nyaman dan ingin segera mandi. Tapi anehnya, ada lho orang yang justru menghindari kebersihan. Jika kamu menemukan orang yang berbau aneh, jangan terburu-buru menghakiminya, karena bisa jadi dia punya ketakutan untuk mandi.

Yup, ablutophobia, adalah fobia yang menyerang individu di mana ia merasa nggak nyaman saat harus membersihkan diri. Biasanya fobia ini terjadi karena pengidapnya memiliki masa lalu yang traumatis, dan bisa menyebabkan isolasi sosial.

Caligynephobia

Girl (Foto: Pexels)

Saat melihat perempuan cantik, kita pasti akan merasa tertarik dan sedikit senang. Tapi respon yang berbeda justru diberikan oleh pengidap caligynephobia yang malah berubah histeris saat melihat perempuan cantik.

Dikenal juga dengan sebutan venustraphobia, fobia pada perempuan cantik bukan sekadar rasa gugup atau intimidasi saat melihat orang yang atraktif di sekitarnya. Mereka yang mengidapnya akan merasa sesak pada bagian dada, mati rasa, hingga pingsan saat bertemu perempuan cantik.

Somniphobia

Kasur dan Bantal (Foto: Pixabay)

Tidur bagi sebagian orang adalah waktu yang paling menyenangkan. Tapi nggak berlaku bagi pengidap fobia yang satu ini. Yup, somniphobia adalah rasa takut untuk tidur.

Berbeda dengan insomnia, penyakit yang membuatmu nggak bisa tertidur. Somniphobia akan membuat pengidapnya terjaga di malam hari karena selalu gelisah saat akan mulai tertidur. Biasanya hal ini terjadi karena pengalaman buruk atau trauma di masa lalu. So, kalau kamu merasa punya fobia yang satu ini ada baiknya segera dikonsultasikan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *