Bukan Ditabrak, Warung Makan Ini Hancur Usai Ban Truk Meledak

(facebook.com/Nda cengceremen)

Tinggal atau membuka usaha di jalur perlintasan kendaraan besar seperti truk atau bus memang berisiko. Tak sedikit kasus bus atau truk yang menabrak rumah atau warung makan hingga hancur. Seperti kejadian yang menimpa sebuah warung makan di Sadang, Purwakarta, Jawa Barat ini. Ada apa ya kira-kira?

Kabar mengenaskan rupanya harus dirasakan sebuah warung makan di Sadang, Purwakarta, Jawa Barat. Akibat tertabrak truk, warung ini sampai porak poranda, padahal cuma kena angin dari ban truk yang pecah. Kejadian ini diketahui setelah akun Facebook bernama Nda Cengceremen mengunggah foto warung makan yang sudah berantakan, seperti habis ditabrak atau kena angin puting beliung.

(facebook.com/NdaCengceremen)

Tapi dari keterangan Nda Cengceremen, diketahui kalau warung makan tersebut hancur berantakan karena terkena angin dari ban truk yang pecah ”ban container pecah. Anginnya sampe ancurin warga, lokasi jalan raya sadang-subang. Tiati ya kalo dkt2 mobil gede.” tulis keterangan postingan tersebut.

Kejadian ini pun bikin ngeri warganet ketika melihat video tersebut, terutama warga sekitar yang daerahnya sering dilintasi kendaraan besar seperti truk atau bus. Namun dari keterangan yang diperoleh, kabarnya kejadian ini ternyata disebabkan karena tekanan angin pada ban truk.

(facebook.com/NdaCengceremen)

Diduga tekanan angin ban truk yang pecah itu cukup besar. Seperti penjelasan Alif, seorang netizen yang menjelaskan bahwa ”Ban setir tekanan 90/100, engkel bisa sampe 140 kalo muatan berat, belakang yg ban 3 itu 120 kalo gak salah. Soalnya udah lama pensiun kerja di truk. Muatan 40 ton,”

(twitter.com/detikcom)

Masih berkaitan dengan insiden di atas, itulah mengapa pemotor dan pemobil harus bisa menjaga jarak dengan truk. Karena blind spot dan ban truk yang pecah, bisa sangat berbahaya. Berbicara masalah tekanan angin pada ban kendaraan, tekanan angin merupakan hal yang sangat vital untuk memaksimal umur pakai ban. Kurang tekanan atau kelebihan tekanan pada ban dapat mengakibatkan bahaya.

Kurangnya tekanan udara dapat menghasilkan kelenturan yang berlebih dari casing ban yang menghasilkan panas, peningkatan daya tahan luncur dan keausan yang prematur. Dalam kondisi ekstrim tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan kerusakan ban.

 

Ya semoga pengemudi truk dan si pemilik warung makan yang tempat usahanya rusak berat karena terkena angin dari ban truk yang pecah bisa segera menyelesaikan masalah ini ya.

 

Baca juga: Mampir ke Warung Kopi Di Kota Malang, Jokowi Jadi Sorotan Warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *