5 Makhluk Dasar Laut Ini Tak Elok Dipandang, Berani Kamu Melihatnya?

Pemandangan Dasar Laut. (Sumber: hitekno.com)

Makhluk dasar laut memang super sulit untuk kita lihat langsung. Selain di luar jangkauan penglihatan, mereka juga jarang timbul ke permukaan. Untunglah, penjelajahan yang telah dilakukan hingga dasar samudera mampu mengulas fenomena makhluk yang mengagumkan tersebut.

Istilah makhluk di dasar laut sendiri mengacu pada organisme yang hidupnya memang di bawah zona fotik laut. Makhluk yang hidup jauh di dasar samudera ini harus bertahan dalam kondisi yang sangat keras, mulai dari tekanan hingga 1.000 bar, oksigen yang minim, makanan yang sangat sedikit, ketiadaan sinar matahari, hingga suhu yang sangat dingin. Kebanyakan dari makhluk ini, bahkan bergantung pada makanan sisa yang tenggelam dari permukaan.

Berikut 5 mahluk dasar laut dengan wujud yang tak biasa:

  • Ikan Pemancing (Anglerfish)
Ikan Pemancing.
(Sumber: gizmodo.com)

Ikan ini terkenal saat masuk dalam karakter film animasi “Finding Nemo” yang popular di tahun 2003. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan karnivora ini terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar, serta mulut besar bergigi runcing. Ikan ini mempunyai organ bercahaya yang menggantung di atas mulutnya guna menarik perhatian mangsanya agar mendekat. Inilah alasan mengapa ia dinamakan atau ikan pemancing.

  • Ikan Stargazer
Penampakan Stargazer Fish.
Sumber: (mnn.com)

Ikan berwajah seram ini dijuluki sebagai “stargazer” karena bentuk mata yang melotot di kepalanya. Ikan in sering mengubur tubuh gepengnya di bawah pasir dasar samudera dan hanya menyisakan wajahnya saja. Begitu ada mangsa yang lewat, dengan sigap ikan ini akan mengejar mangsa nya. Ikan Stargazer ini hidup di perairan Atlantik utara.

  • Ikan Blobfish
Penampakan Blobfish.
(Sumber: mentalfloss.com)

Ikan Blobfish yang memiliki paras aneh ini biasa hidup di lepas pantai Australia bagian tenggara dan Tasmania, hingga Selandia baru. Ukurannya tak lebih dari 30 cm, dan hidup di kedalaman laut antara 600 hingga 1.200 meter. Tubuhnya yang mirip agar-agar dengan kepadatan lebih rendah dari air ini, memungkinkannya melayang-layang di dasar laut tanpa mengeluarkan energi.

  • Gurita Dumbo Octopus
Penampakan Gurita Dumbo Octopus.
(Sumber: flickr.com)

Gurita Dumbo octopus adalah sejenis gurita yang memiliki sirip dengan organ telinga. Makhluk ini hidup di perairan Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, hingga ke Filipina. Panjang rata-rata hewan ini adalah 20-30 cm. Yang paling menakjubkan dari hewan ini yaitu ia dapat hidup sampai 7000 meter di bawah permukaan laut. Hal ini menjadikannya sebagai gurita yang memiliki tempat hidup yang paling dalam di di dunia.

  • Pari Fiddler Timur
Penampakan Pari Fiddler Timur.
(Sumber: publikreport.com)

Pari Fiddler Timur pertama kali ditemukan di perairan Australia dan hidup dengan memangsa ikan-ikan karang dan makhluk kecil invertebrata lain di dasar lautan. Pari ini bisa tumbuh hingga sepanjang 1,2 meter. Hewan ini juga memiliki motif punggung yang unik yang sekilas mirip alat musik Banjo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *