4 Penemu yang Menyesali Inovasinya, Salah Satunya Penemu Game Viral Ini!

Mikhail Kalashnikov

Menciptakan sesuatu yang berguna bagi masyarakat luas tentunya akan membuat sang penemu bangga. Terlebih jika inovasi tersebut terkenal dan digunakan oleh seluruh dunia.

Sayangnya, tidak semua penemu membanggakan hasil inovasinya. Mereka merasa inovasinya yang digunakan masyarakat luas itu pada akhirnya alah menimbulkan kerugian.

Kira-kira siapa saja ya penemu yang menyesali inovasinya? Berupa apa sih inovasi tersebut? Yuk, simak 4 penemu yang menyesali inovisnya sendiri berikut!

1. Alfred Nobel, penemu dinamit

sumber gambar: wikitour.io

Dinamit merupakan salah satu senjata mematikan yang mampu menewaskan orang dalam jumlah banyak sekaligus.

Senjata ini diciptakan oleh Alfred Nobel. Awalnya, seorang ahli kimia asal Swedia ini bermaksud mencari cara untuk meledakkan batu dengan efisien.

Alfred Nobel berhasil menciptakan dinamit dan dipatenkan pada 1967. Dinamit tersebut merupakan campuran dari nitrogliserin dan silika.

Sayangnya, inovasi yang diciptakan untuk membantu pekerjaan kontruksi ini berakhir ironis. Hingga kini, dinamit disalahgunkan dan telah menewaskan orang banyak.  

Nobel pun menyesalkan penemuannya tersebut. Di tambah lagi ketika ia mengetahui salah satu Koran Prancis yang menuliskan “Alfred Nobel, menjadi orang kaya karena inovasinya yang menjadi jalan untuk membunuh banyak orang dengan cepat.”

Kekecewaannya membuat Nobel mendedikasikan sebagian besar hartanya untuk menghormati orang-orang yang berjasa di dunia. Penghargaan tersebut kini kita kenal dengan Nobel Award.

2. Mikhail Kalashnikov, penemu AK-47

sumber gambar: www.npr.org

Siapa, sih yang tak tahu senjata satu ini? AK-47 diciptakan oleh Mikhail Kalashnikov, seorang perwira tinggi dan insinyur militer asal Rusia.

Kalashnikov memiliki ketertarikan pada senjata dan mesin. Awalnya, ia berniat untuk membuat senjata yang lebih efektif di medan perang.

Secara otodidak dan dengan keterampilannya, Kalashnikov berhasil menciptakan Avtomat Kalashnikov Model 1947 alias AK-47.

Harganya yang murah dan mudah digunakan membuatnya menjadi salah satu senjata andalan dalam medan perang.

Salah satu keunggulan AK-47 adalah mampu bertahan di berbagai iklim Negara. Kalashnikov pun menyebutnya sebagai ‘senjata pertahanan’.

Sayangnya, seiring berjalan waktu AK-47 seringkali digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti teroris. Tiruan AK-47 pun marak beredar dan telah memakan banyak korban.

Kalashnikov meninggal pada 2013. Sebelum meninggal, ia sempat menyatakan pada media The Guardian,

“Saya bangga dengan penemuan ini. Namun, saya sedih karena senjata ini digunakan oleh teroris. Saya lebih baik menciptakan perlengkapan yang bisa membantu meringankan pekerjaan para petani.”

3. Ethan Zuckerman, penemu Pop-Up

Sumber gambar: Wikipedia

Salah satu hal paling menjengkelkan di dunia internet adalah munculnya Pop-Up.

Seringkali kita merasa terganggu ketika Pop-Up mengganggu pandangan saat kita sedang asyik berselancar di internet.

Ternyata, sang penemu Pop Up, Ethan Zuckerman juga mengaku kesal dengan inovasinya, lho!

Pada tahun 90-an, Ethan Zuckerman bekerja pada suatu situs web. Ketika bisnis di kantornya hampir gulung tingkar, Ethan memutar otak untuk mencari cara.

Dari situlah, ia menemukan inovasi Pop-Up. Ethan menciptakan Pop-Up untuk keperluan konten iklan dalam menjalankan bisnis.

Namun, seiring waktu Pop-Up malah disalahgunakan dan seringkali mengganggu pengguna internet.

Atas inovasinya tersebut, Ethan pernah angkat bicara dalam suatu wawancara bahwa ia merasa menyesal dan meminta maaf karena telah menciptakan Pop-Up.

4. Dong Nguyen, penemu game Flappy Bird

Dong: www.zimbio.com

Dari gamer hingga yang tidak suka bermain game pasti tak asing lagi dengan permainan satu ini. Ya, game Flappy Bird yang sempat viral pada 2013.

Tampilan dan cara bermainnya yang sederhana membuat para pemainnya ketagihan.

Saking booming-nya, Flappy Bird meraup keuntungan hingga USD 50 ribu per hari, luar biasa!

Namun, siapa sangka sang penemu, Dong Nguyen, malah merasa menyesal dengan inovasinya tersebut. Ia merasa ketenarannya itu mengganggu kehidupannya.

Dong Nguyen merasa lebih nyaman menjalani kehidupan sederhana sebelum Flappy Bird menjadi perhatian dunia. Ia pun merasa bersalah karena tampaknya orang-orang kecanduan dengan invosi game-nya tersebut.

Nah, itulah 4 penemu yang menyesali inovasinya sendiri. Menurutmu, kira-kira apa lagi ya inovasi yang patut disesali penemuannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *