5 Tips Najwa Shihab untuk Pemilih Muda di Pemilu 2019

5 Tips Najwa Shihab

Tips Najwa Shihab Untuk Pemilih Muda (Foto: instagram.com/najwashihab)

Pemilihan Presiden Indonesia 2019 semakin dekat. Aktivitas kampanye yang dilakukan oleh kedua kubu Capres-Cawapres masih mewarnai pesta demokrasi ini. Tidak hanya di dunia nyata, kemeriahan Pemilu 2019 juga dirasakan di dunia maya.

Berbagai informasi bisa didapatkan dari proses kampanye pilpres ini. Dari informasi akurat hingga informasi palsu atau hoaks bisa tersebar. Hal ini tentu menjadi kebingungan tersendiri khususnya bagi pemilih muda di tahun 2019. Nah, untuk para pemilih muda, jangan takut gunakan hak suaramu. Berikut 5 tips Najwa Shihab yang bisa kamu ikuti:

 

Jangan Golput! Gunakan Hak Suara mu Pemilih Muda! (Foto: instagram.com/politiknetral19)

 

1. Perhatikan Calon dan Partainya

Penting untuk kamu mengenal dekat kedua pihak capres-cawapres beserta partai yang menaungi mereka. Kenapa? Karena dari informasi ini kamu bisa mengetahui rekam jejak yang mereka miliki, latar belakang calon pemimpin tersebut, hingga calon gubernur atau pimpinan daerah lainnya yang akan diusung.

Apakah mereka memiliki visi-misi yang sesuai dengan harapanmu atau tidak? Ini bisa membantumu menentukan pilihan.

Cari tahu latar belakang partai politing pengusung capres-cawapres 2019 (Foto: instagram.com/panwascamgenuk)

2. Tentukan Isu Penting dan Menarik

Setiap kubu pasti memiliki visi-misi berbeda. Sebelum kamu menggali lebih dalam, ada baiknya kamu memilih isu penting yang menurut mu perlu diperhatikan. Kemudian kamu bisa mencari kubu mana yang memiliki satu tujuan sama dengan kepentingan kamu.

 

Memperhatikan Debat Capres-Cawapres Untuk Mengetahui Isu yang Diangkat (Foto: instagram.com/asumsico)

3. Cari Tahu Program Kerja yang Ditawarkan

Selain mengetahui visi-misi setiap calon, kamu juga harus mengetahui program kerja apa yang mereka tawarkan. Apakah sesuai dengan visi-misi mereka? coba bandingkan masing-masing program kerja tersebut. Mana yang lebih baik dan memang bisa mereka lakukan berdasarkan rekam jejak sebelumnya.

 

4. Mengenali Karakter Setiap Capres-Cawapres

Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan media sosial. Tapi kita tidak boleh hanya terpaku dari satu sudut pandang saja. Harus membuka lebar pikiran kita dan keluar dari satu perspektif, agar bisa memilih secara objektif.

Cara mengenal karakter mereka bisa kamu coba lihat dari sikap, perkataan, dan penampilan mereka saat sebelum maju menjadi capres-cawapres hingga sekarang, masa kampanye pilpres 2019.

 

5. Banyak Bergaul dengan Orang Lain

Pemilih muda harus berani menggunakan hak suaranya. Perlu bagi kamu mendapatkan dukungan dan lingkungan yang positif. Selain mencari segala informasi yang dibutuhkan, kamu juga harus membangun kematangan diri dalam menanggapi berbagai hal di pemilu 2019.

Salah satunya adalah perbedaan. Hal ini bisa kamu dapatkan jika bergaul dengan banyak orang. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang membangun dan positif.

Pemilih muda jangan golput (Foto: instagram.com/dinishafa)

Jadi, untuk kamu pemilih muda, pastikan hak suaramu digunakan dengan baik dan benar. “Penting untuk berusaha mencari tahu lebih dalam, sebelum menunjukkan keberpihakan. Anak muda harus berani bicara dan menunjukkan pilihannya, asal melalui proses yang benar dan jelas” -Najwa Shihab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *