Jelang Pemilu, Sudah Tahu Tugas Panita Pencoblosan?

Ilustrasi Pemilu (Foto: twitter.com/pemko_medan)

Pemilu 2019 sebentar lagi bakal dilaksanakan. Kamu terpilih jadi petugas KPPS? Atau tertarik ingin menjadi panitia pencoblosan? Kamu harus tahu dulu apa fungsi dan tugas KPPS atau biasa dikenal dengan panitia pencoblosan.

Berikut ini ulasan fungsi dan tugas panitia pencoblosan yang perlu kamu tahu:

Fungsi Panitia KPPS

KPPS adalah singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, yang dibentuk oleh PPS atas nama KPU Kabupaten/Kota. Berfungsi sebagai panitia yang memandu jalannya kegiatan pemungutan hingga penghitungan suara. Terdiri dari 7 orang, seorang ketua dan enam anggota akan siap membantu dan mengawasi jalannya acara.

Selain itu panitia pencoblosan juga harus melayani pemilih menggunakan hak pemilih, serta memberikan akses dan layanan kepada para pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Ilustrasi Petugas KPPS (Sumber: Youtube KPU RI)

 

Tugas Panitia KPPS

Hal pertama sebelum mulainya pemungutan suara, KPPS harus mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di TPS. Hal ini diperlukan agar calon pemilih dapat mengetahui apakah namanya sudah tercantum dan dapat menggunakan suaranya atau tidak.

Kemudian daftar tersebut harus diserahkan kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas Pemilu Lapangan, untuk menghindari kecurangan yang mungkin terjadi.

Ilustrasi Petugas KPPS (Sumber: Youtube KPU RI)

Lalu memulai pemungutan hingga perhitungan suara di TPS. Mengumumkan hasil perhitungan suara juga termasuk kedalam tugas KPPS yang telah ditentukan Panitia KPU sebelumnya. Apabila ada temuan atau laporan yang disampaikan oleh saksi, Pengawas Pemilu Lapangan, peserta, dan masyarakat pada hari pemungutan maka mereka harus segera menindak lanjuti permasalahan tersebut.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas KPPS wajib menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara baik saat pemungntan hingga setelah perhitungan suara.

Setelah selesainya acara, maka berita acara pemungutan dan perhitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara harus segera dibuat untuk diserahkan kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas Pemilu Lapangan, dan PPK melalui PPS.

Ilustrasi Petugas KPPS (Sumber: Youtube KPU RI)

Tidak lupa untuk menyerahkan hasil perhitungan suara kepada PPS dan Pengawas Pemilu Lapangan. Serta kotak suara tersegel yang berisi suara dan sertifikat hasil perhitungan suara kepada PPK melalui PPS pada hari yang sama.

Jadi, kalau sudah terpilih atau akan menjadi petugas KPPS kamu harus menguasai rincian tugas yang harus dilakukan ya. Atau kalau kamu menjadi peserta pemungutan suara memiliki pertanyaan, atau membutuhkan bantuan jangan ragu untuk menemui panitia KPPS setempat, oke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *