Wanita Lebih Mudah Kedinginan daripada Pria, Begini Penjelasannya

Belakangan ini suhu udara rendah, seperti yang terjadi di Chicago. Tapi, tahu kah kamu, bahwa wanita merasakan dingin lebih dari kaum pria?

wanita dingin

Musim dingin di Chicago, wanita lebih rentan terhadap dingin (Foto: twitter.com/@MirrorJohnny)

Belakangan ini suhu udara menurun beberapa derajat Celcius di Amerika. Seperti yang terjadi di Chicago, keadaan danau Michigan membeku akibat suhu udara yang sangat rendah.

Dalam situasi seperti ini tentu banyak orang merasakan dingin yang tidak biasa. Tapi, tahukah kamu, bahwa wanita lebih mudah merasakan dingin dari kaum pria?

Suhu rendah di Chicago membuat danau Michigan membeku (Foto: twitter.com/@carolvolders)

Sebuah studi yang dilakukan oleh dua orang ilmuan asal Belanda menemukan bahwa wanita lebih rentan dan merasa tidak nyaman dalam keadaan dingin. Menurut hasil penelitian mereka, wanita merasa nyaman dalam suhu 24-25 derajat Celcius. Sekitar 2,5 derajat lebih hangat dari pada pria.

Hal ini disebabkan adanya pebedaan tingkat metabolisme dan banyaknya panas yang dihasilkan tubuh. Menurut Profesor Paul Thornalley, dari Warwick Medical School, keadaan inilah yang menjelaskan perlu adanya perbedaan suhu lingkungan untuk kenyamaan antara pria dan wanita.

Wanita lebih rentan terhadap dingin dari pada pria )foto: instagram.com/tanyaa_16_)

Metabolisme seseorang menghasilkan sebuah energi, termasuk panas. Rata-rata wanita memiliki tingkat metabolisme yang lebih rendah dari pada pria.

Disampaikan pada BBC, Prof Thornaller mengatakan penentu tingkat metabolisme manusia adalah keberadaan lemak dalam tubuh. Menurutnya, sekitar 60% perbedaan metabolisme tubuh manusia ditentukan bedasarkan jenis kelamin.

Laki-laki memiliki otot dan tulang yang lebih banyak. Keadaan ini mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Selain itu, tingkat istirahat pria pun jauh lebih tinggi dari pada wanita.

Selain itu, ada juga proses thermogensis, yaitu keadaan tubuh menghasilkan panas tanpa sadar. Istilah ini disebut lemak coklat.

Lemak sering ditemukan pada leher dan bahu, tapi setiap orang jumlahnya berbeda-beda. Baru-baru ini, lemak juga ditemukan di dada dan pinggung beberapa pria muda. Penemuan ini ditemukan oleh Aaron Cypess, Kepala Bidang Diabetes, Endokrinologi dan Cabang Obesitas di NIDDK (National Institute of Diabetes and Disgetive and Kidney Diseases).

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (Foto: instagram.com/nihgov)

Dengan keberadaan lemak ini, pria tidak semudah wanita merasakan dingin. Tetapi keadaan seperti ini juga tidak selalu baik. Saat musim kemarau tiba, maka pria akan lebih mudah merasakan panas dibanding wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *