6 Temuan Arkeologi Terbaru yang Perlu Kamu Tahu

2018 baru saja berlalu, dan tahun baru menjadi salah satu tahun untuk memulai hal yang baru.

Bangkai Kapal (Foto: instagram.com/kalaituphotography)

Tahun 2018 baru saja berlalu, dan tahun baru menjadi salah satu tahun untuk memulai hal yang baru. Meski pun waktu bergerak maju, namun waktu tidak pernah tidak mengingatkan kita tentang hal yang luar biasa.

Meski ada banyak inovasi yang sebagian besar dari kita sudah pernah dengar, ada pula beberapa penemuan luar biasa yang mungkin telah ada namun kamu tidak pernah mengetahuinya.

Salah satunya adalah penemuan arkeologi. Sebagian orang mungkin mengganggap bahwa penemuan ini membuang waktumu. Eits, tunggu dulu,  kami telah merangkum penemuan arkeologi paling menakjubkan di tahun 2018 lho. Mungkinkah penemuan ini akan mengubah pemahaman kita tentang sejarah selamanya? Penasaran? Simak yuk daftarnya di bawah ini.

Bangkai kapal tertua di bawah Laut Hitam

Masih ingatkah kamu dengan tenggelamnya kapal pesiar Titanic? Ya, hal ini juga dialami oleh salah satu kapal pesiar yang diguga adalah sebuah kapal dagang Yunani. Kapal itu berusia sekitar 2.400 tahun menjadikannya kapal karam utuh tertua yang diketahui oleh dunia. Bangkai kapal itu ditemukan oleh salah satu Proyek Arkeologi Laut Hitam di dekat pantai Bulgaria.

Arkeolog menggali kawasan terakhir yang belum diungkap di Pompeii

Banyak sejarah di kota Pompeii, sebuah kota dengan banyak legendanya ini membuat salah satu peneliti tertarik untuk menggali salah satu kota yang masih misterius. Kota tersebut bernama Regio V. Dalam galiannya, peneliti menemukan lukisan dinding baru serta ruang yang dibangung sebagai kuil dewa penjaga yang dikenal sebagai Lares.

Pemagang roti pertama di dunia

Pernah nggak sih kamu membayangkan pertama kali roti tercipta ditahun berapa? Sepertinya kamu hari ini sudah dapat tidur pulas deh, pasalnya pembuatan roti sudah ada sekitar 14 ribu tahun yang lalu.

Hal ini juga dibenarkan oleh para arkeologi, bahwa di zaman itu ornag-orang sudah memikirkan bagaimana membuat sebuah pizza yang cukup lezat.

Mumi unik ditemukan di situs pemakaman Mesir

Berbicara tentang mumi memang tidak ada habisnya, apalagi berbicara soal mumi yang berada di Mesir. seorang arkeolog Jerman dan Mesir menemukan ruang tamu pemakaman kuno di mesir. Bangunan persegi panjang itu dianggap sebagai peristirahatan terakhir sang jenazah sebelum dimumikan.

Uniknya, saat ditemui, para mumi itu menggunakan topeng perak di wajahnya, yang menurut para sejarawan mempunyai nilai makna religius yang dalam.

Bakteri misterius ditemukan dalam kerangka

Kematian yang tidak prediksi membuat ribuan tahun yang lalu kesulitan mengetahui penyebab kematian seseorang. Seorang Arkeolog menemukan wabah mengerikan ini di salah sat kerangka mayat yang diduga menjadi salah satu korban penyakit yang pernah melanda Eropa ada abad ke-14.

Bakteri yang bernama Yersinia Pestis ini diklaim sebagai salah satu bakteri yang menghancurkan para warga Eropa pada masa itu.

Jejak kaki tertua manusia

Pernah terbayangkan nggak, jejak tertua dimiliki oleh siapa? Ya, Jejak tertua manusia ditemukan di Pulau Calvert, Kanada pada bulan Maret. Jejak kaki ini ditemukan 13.000 tahun dan dimiliki tiga orang dewasa. Jejak kaki itu berhasil terlihat karena pada saat itu manusia menginjak tanah basah yang mengeras dan penuh pasir.

Nah itulah beberapa penemuan arkeologi yang menggemparkan di tahun 2018. Apakah pencarian yang paling kamu tunggu-tungguh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *