Jelang Pemilu 2019, Inilah Pesan Santri Jogja Kepada Masyarakat!

Tidak lama lagi Indonesia akan menggelar Pemilihan Presiden 2019, Berbeda saat Pilpres 2014, pemilihan tahun 2019 dinilai sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Kampanye Pilpres 2019 (Instagram.com/rully3_/)

Sudah siapkah kamu untuk Pilpres 2019 nanti? Sudah tahu siapa kandidat andalanmu?

Tidak lama lagi Indonesia akan menggelar Pemilihan Presiden 2019, Berbeda saat Pilpres 2014, pemilihan tahun 2019 dinilai sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya tidak hanya kedua calon presiden ini, namun calon presiden fiktif turun meramaikan pilpres 2019.

Dukungan-dukungan dari partai politik hingga masyarakat pun tidak kalah meriahnya, lho. Namun, sejauh ini ada saja dukungan-dukungan yang diberikan hanyalah sebatas dukungan.

Di Jogja, seorang santri Ponpes Fadlu Robbi Karakan 04, Muhammad Yazid Masduqi mengatakan meskipun kalangan santri tidak aktif menggunakan media sosial serta tidak aktif dalam politik praktis. Namun, mereka memiliki komitmen guna mendukung terciptanya pemilu yang mana dan daman tanpa di diawarnai berita bohong.

Dalam aksi itu, ada lima poin sikap dari kalangan santri Ponpes Fadlu Robbi, seperti apa sih isi pesannya?

Setia Kepada Kesatuan Indonesia Berdasarkan Pancasila UUD’45

pancasila 2019 (Instagram.com/adiwisma16/)

Masih ingatkah kamu dengan butir-butir Pancasila? Dari ke 5 butir-butir tersebut, sudahkah kamu mengamalkan beberapa butir-butirnya? Jika belum, yuk mulai sekarang menabung untuk mempraktekannya.

Tidak mudah memang mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan nyata. Bahkan hal inilah yang terberat untuk seorang presiden, apabila ada beberapa butir-butir yang tidak mereka amalkan maka patut dipertanyakan tentang stastusnya sebagai Warga Negara Indonesia.

Menjaga Toleransi Umat Beragama

toleransi keagamaan (https://www.instagram.com/ariwibowo_official/)

Suka pusing nggak sih, jika ada salah satu teman kamu mempertanyakan soal agama orang lain? Berbicara tentang mempertanyakan agama orang lain adalah hal yang tidak baik. Apalagi kamu hidup di lingkungan yang minim toleransi.

Hal ini juga akan merugikan kamu sendiri, pasalnya hidup dengan budaya yang itu-itu saja membosankan. Coba deh, belajar untuk hidup rukun dengan orang-orang yang berbeda dengan kamu.

Terciptanya Pilpres yang LUBER dan JURDIL

Luber dan Jurdil (Instagram.com/suarapendidikan_magz/)

Pengawalan Pilpres 2019 sudahkah aman? Sebagian orang mengakui pengawalan jalannya pilpres 2019 belum sepenuhnya aman, hal ini asih ditandai dengan adanya berita hoax yang menyudutkan pasangan calon dari kubu lain.

Hal ini lah yang menumbuhkan perpecahan bagi semua masyarakat di Indonesia. Berawal dari berita bohong yang berakhir dengan perpecahan.

Berperan Aktif Dalam Menjaga Keamanan Indonesia

Indonesia (Instagram.com/markusbanu_/)

Siapa bilang menjaga keamanan dan kenyamanan adalah tugas seorang tentara? Kita yang hanya masyarakat biasa pun harus turut andil dalam menjaga hal seperti ini. Bila masyarakat mampu menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan damai. Pastinya pelaksanaan Pilpres 2019 akan berjalan damai dan tenteram.

Sudah semestinya masyarakat harus aktif menjaga perdamaian dan ikut mewujudukan pemilu 2019 ini dengan damai dan aman. Masyarakat pun jangan terprovokasi oleh berita bohong. Supaya jalannya Pilpres 2019 bisa terlaksana tanpa harus ada salah satu pihak yang tersinggung.

Yuk! Sukseskan Pemilu 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *