Ada Format Baru Untuk Debat Pilpres Kedua, Mana Paling Menarik?

Debat Pilpres Kedua

Debat Pilpres Kedua (instagram.com/debatpilpres)

Komisi Pemilihan Umum (KPU), sudah menyiapkan debat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 loh. Debat kedua ini, akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 yang berlokasi di Hotel Sultan, Jakarta. Tentu saja debat ini akan diikuti oleh calon Presiden, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto beserta calon Wakil Presidennya masing-masing.

Tema yang akan diangkat untuk debat kedua ini adalah mengenai ‘Energi dan Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup’.

Debat kedua ini pun akan ada perbedaan dari debat pertama. Hal ini dikarenakan, KPU telah merencanakan format baru untuk debat kedua ini. Mau tau, kira-kira format barunya seperti apa? Yuk lihat informasinya di bawah ini, seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

 

Tidak Ada Lagi Kisi-Kisi 

Pada debat pertama, kandidat masih diberikan kisi-kisi pertanyaan yang akan ditanyakan. Jadi, kandidat pun sudah siap akan jawaban yang akan dilontarkan pada saat debat. Berbeda dengan debat kedua. KPU memutuskan untuk tidak ada lagi kisi-kisi pertanyaan yang akan diberikan ke kandidat.

 

Debat Pilpres Kedua
Ilustrasi Kisi-kisi Pertanyaan (pixabay.com)

Seperti yang dilansir dari kumparan.com, Komisioner KPU, Wahyu Setiawan menjelaskan, “KPU melakukan evaluasi menyeluruh terkait format dan mekanisme debat berikutnya. Salah satu yang dievaluasi adalah terkait isu pemberitahuan abstraksi kisi-kisi soal kepada kandidat.”

 

Durasi Lebih Panjang Untuk Jawaban dan Tanggapan

Untuk segi durasi debat pun akan ada format baru. KPU akan menyediakan satu segmen dengan durasi selama 10 menit untuk kandidat menjawab atau pun menanggapi pertanyaan yang diajukan.

 

Debat Pilpres Kedua
Ilustrasi Waktu Debat (pixabay.com)

Seperti yang dikutip dari idntimes.com, Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan bahwa, “Kita akan berikan utuh 10 menit kepada moderator untuk bertanya kepada paslon dan paslon bisa saling menjawab dan menanggapi. Jadi tidak dibatasi waktu 1 menit, 2 menit. Tapi ini hanya satu segmen.”

 

Live Report Perjalanan Kandidat 

Untuk segmen yang satu ini, wajib untuk kamu tonton nih. Karena akan ada kamera live yang menyiarkan perjalanan kandidat dari kediamannya menuju lokasi debat. Terobosan terbaru ini bertujuan agar kedua kandidat dapat lebih interaktif.

Debat Pilpres Kedua
Ilustrasi Live Camera (pixabay.com)

“Hal baru yang kita tampilkan nanti akan ada kamera yang terus mengikuti perjalanan paslon dari tempatnya masing-masing menuju ke lokasi debat. Ini publik bisa mengetahui perjalanan masing-masing paslon. Nanti kita upayakan masing-masing paslon bisa komunikasi sepanjang perjalanan ke lokasi debat,” terang Arief, seperti yang dilansir dari kumparan.com.

 

Panelis Dari Kalangan Akademisi

Akan ada delapan panelis debat pilpres yang kedua. Dan panelis ini lebih didominasi dari kalangan akademisi. Seperti ITB, IPB, UNDIP, Walhi, UGM, dan lainnya.

Debat Pilpres Kedua
Ilustrasi Panelis Debat (pixabay.com)

KPU juga menjamin bahwa seluruh panelis yang dipilih sudah terjamin independensi dan kapasitasnya.

 

Penyesuaian Jumlah Penonton

Untuk debat kedua ini, KPU akan mengurangi jumlah penonton. Walaupun belum diberitahukan secara rinci berapa banyak penonton yang akan diperbolehkan hadir, KPU juga meniadakan pendukung di belakang calon. Penonton akan ditempatkan di belakang moderator, sehingga dapat lebih fokus melihat kedua kandidat.

 

Debat Pilpres Kedua
Ilustrasi Pengurangan Penonton (pixabay.com)

Jadi, kamu sudah siap untuk melihat debat kedua yang mempunyai format baru? Sudah siap juga kah kamu untuk melihat kedua capres beradu ide dan gagasan? Jangan sampai terlewatkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *