Purnawirawan TNI – Polri Dukung Jokowi? Begini Faktanya

Silaturahmi Purnawirawan TNI - Polri dengan Capres RI (Foto: https://www.instagram.com/tempodotco/)

Ribuan Purnawirawan TNI – Polri yang tergabung dalam jejaring komunitas CAKRA19 menyatakan dukungannya pada pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin. Dukungan ini dilontarkan pada deklarasi yang dilaksanakan di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada (10/02/2019).

Ini bukan pertama kalinya Jokowi mendapat dukungan dari para purnawirawan TNI – Polri. Pada Pilpres tahun 2014 lalu, Jokowi juga mendapatkan dukungan itu ketika berpasangan dengan Wapres Jusuf Kalla.

Dilansir dari tempo.co, berikut adalah beberapa fakta deklarasi dukungan para purnawirawan TNI – Polri pada Capres dan Cawapres nomor urut 01.

Dihadiri sekitar seribu orang 

Jejaring komunitas CAKRA19 yang berisi purnawirawan TNI-Polri menyatakan dukungan pada pasangan Jokowi-Ma’ruf. Deklarasi ini dihadiri sekitar seribu purnawirawan dari kedua instansi keamanan negara tersebut. Hall C1 Jakarta International Expo yang menjadi lokasi diselenggarakannya acara deklarasi tersebut dipenuhi oleh partisipan yang mengumandangkan nama Jokowi. Ribuan orang yang hadir tampak serasi dengan kemeja putih yang dikenakan.

Bukan pertama kali

Pada Pilpres tahun 2014 lalu, Jokowi mendapatkan dukungan yang besar dari para purnawirawan TNI dan Polri. Para purnawirawan tersebut yaitu mantan Pankostrad Letjend (purnawirawan) Sutiyoso yang kini menjabat sebagai Ketua Umum PKP Indonesia, mantan Danjen Kopassus Jenderal (purnawirawan) Luhut Binsar Panjaitan, mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Jenderal (purnawirawan) Hendropriyono, mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Wiranto hingga mantan Kapolri Jenderal Polisi (purnawirawan) Dai Bachtiar.

Luhut Binsar Panjaitan (instagram.com/pancasila_sakti.id/)

Luhut Binsar Panjaitan adalah salah satu yang pernah ditunjuk untuk memegang beberapa peran besar dalam kementerian pada masa kepemimpinan Jokowi tahun 2014 lalu. Mulai dari Kepala Staf Kepresidenan hingga terakhir ia menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Dukungan dari para petinggi instansi keamanan tersebut membuat Jokowi semakin bersemangat dalam menghadapi Pilpres 2019 yang dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Dihadiri oleh muka-muka lama

Moeldoko (instagram.com/dr_moeldoko)

Luhut Binsar Panjaitan dan Wiranto adalah purnawirawan TNI-Polri yang hadir dalam deklarasi itu. Sebelumnya, ia pernah menjadi salah satu orang dalam kabinet kerja pemerintahan Jokowi. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko juga hadir dalam acara yang digelar di Hall C1 Jakarta International Expo tersebut. Sedangkan dari instansi keamanan Polri, mantan Kapolri Jenderal (purnawirawan) Dai Bachtiar juga turut menyatakan dukungannya. Tak hanya itu, beberapa mantan Kapolri lain seperti Jenderal (purnawirawan) Rusman Hadi, dan Jenderal (purnawirawan) Surojo Bimantoro juga menampakkan wajahnya.

Di dalam rangkaian acara itu, Laksamana (Purnawirawan) Arief Koeshariadi yang merupakan mantan KASAL periode 1996 – 1998 mewakili pembacaan deklarasi. Eks Wakil Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Fachrul Razi hingga eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal (purnawirawan) Subagyo Hadi Siswoyo juga tampak hadir menemani Arief di atas panggung. Menteri Perhubungan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Laksamana Madya (purnawirawan) Freddy Numberi tak ketinggalan menampakkan batang hidungnya.

Luhut berikan paparan awal kepada para purnawirawan 

Pada saat acara deklarasi belum dimulai, Luhut Binsar Panjaitan membukanya dengan memberikan paparan tentang kinerja pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla selama empat tahun ke belakang. Mulai dari isu ekonomi hingga keamanan negara. Di sisi lain, ia juga menjelaskan bahwa setiap pemilih punya hak masing-masing dalam menentukan pilihannya. Yang terpenting, pemerintah sudah melakukan yang terbaik untuk memajukan negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *