Bukan Cuma BTS, Ini Dia Artis Kpop yang Pernah Menang Penghargaan Internasional

BTS (Foto: twitter.com/BTS_twt)

Tampilnya BTS di Grammy Awards punya pengaruh yang cukup besar bagi musik Kpop. Tapi sayangnya masih banyak yang belum tahu, bahwa selain BTS, ada juga beberapa artis Kpop lain yang pernah menang penghargaan di ajang internasional. Siapa saja mereka, yuk lihat!

BTS

Selalu menjadi bahan perbincangkan akhir-akhir ini, siap sih yang nggak mengenal BTS? Menjadi artis Korea Selatan pertama yang mendapat nominasi di ajang Grammy Awards, karir BTS pun kian meroket di dunia internasional. Meski pun belum mampu membawa pulang penghargaan dari Grammy, nyatanya BTS punya sederet awards yang nggak kalah keren.

Pada tahun 2015, BTS berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Korean Act di MTV EMA. Menyusul di tahun 2017, serangkaian penghargaan internasional pun sukses mereka raih, di antaranya Best in Music di Shorty Awards, Top Social Artist di Billboard Music Awards, serta menjadi Favourite International Artist di Kids Choice Awards.

PSY

Menjadi artis paling dikenal pada tahun 2012 berkat singel-nya Gangnam Style, PSY punya peran yang cukup besar bagi industri musik Korea Selatan. Di tahun yang sama pula ia memenangkan beragam penghargaan inetrnasional, mulai dari New Media Awards pada American Music Awsrds, Best Video Award di MTV European Music Awards, hingga Viral Video of the Year di Capricho Awards.

Saking fenomenalnya, penghargaan yang didapat PSY nggak berhenti sampai disitu. Pada tahun 2013 ia kembali memperoleh penghargaan di Billboard Music Awards untuk kategori Top Stramed Song. Puncaknya adalah pada tahun 2014, ia sukses memenangkan World’s Best Song di World Music Awards.

Sampai sekarang pun, video Gangnam Style milik PSY masih menjadi video klip Kpop yang paling banyak ditonton dengan 3.2 miliar view di Youtube.

BIGBANG

BIGBANG bisa dibilang boyband Korea Selatan yang membuka gerbang Kpop ke dunia internasional. Pada tahun 2011, BIGBANG menjadi grup Kpop pertama yang menginjakkan kaki di panggung musik Eropa dengan memenangkan penghargaan Best Worldwide Act dan Best Asia Act di MTV European Music Awards.

Tahun berikutnya mereka memenangkan penghargaan Best Fan dan Best Artist from the World dari MTV Italy Total Request Awards. Kemudian pada tahun 2014, mereka mendapatkan tiga penghargaan dari World Music Awards, yaitu World’s Best Group, Wolrd’s Best Live Act untuk tur Alive mereka, dan World’s Best Video of the Year untuk video klip Fantastic Baby.

Seolah belum cukup, BIGBANG kembali menerima penghargaan di tahun 2015 sebagai Honored Artist Award di Youtube Music Awards.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *