Catacombs of Paris, Kuburan Bawah Tanah yang Jadi Tempat Wisata

Catacombs of Paris (Instagram.com/morochirag)

Paris, ibukota Prancis dikenal juga sebagai City of Lights atau la Ville des Lumières dalam bahasa Prancis. Paris dikenal juga sebagai kota wisata karena adanya Eiffel Tower, salah satu bangunan tertinggi di dunia. Ada ratusan museum dan gereja dengan arsitektur indah nan cantik yang wajib banget kamu kunjungi kalau kamu ke Paris.

Tapi, ada satu tempat wisata di Paris yang gak biasa, cocok bagi kamu yang anti-mainstream dan suka sesuatu yang beda dan unik. Mungkin kamu pernah dengar, biasanya tempat wisata ini bukan menjadi prioritas turis-turis yang datang ke Paris. Namanya adalah Catacombs of Paris, tempat wisata yang keren namun menyeramkan. Kenapa? karena di tempat inilah tulang-tulang lebih dari enam juta penduduk kota Paris diletakkan dalam sebuah terowongan bawah tanah.

 

Sejarah singkat

Sejarah Catacombs of Paris dimulai pada akhir abad ke-18, ketika masalah kesehatan masyarakat timbul disebabkan oleh kuburan kota yang tak lagi dapat menampung jenazah. Hal tersebut mengakibatkan adanya keputusan untuk memindahkan isi kuburan yakni tulang-tulang mayat warga kota Paris ke tampat bawah tanah.

Namun, pada awal abad ke-19, Louis-Étienne Héricart de Thury, seorang politisi dan ilmuwan Prancis memiliki ide untuk mengatur ulang tulang-tulang tersebut itu. Akhirnya, tulang-tulang itu diletakkan sedemikian rupa dan disusun ulang dengan cara yang lebih rapi dan indah. Seperti yang terlihat di foto di bawah ini:

Cara mengunjungi Catacombs of Paris

Labirin yang dipenuhi oleh tulang-tulang manusia ini berlokasi di 1, avenue du Colonel Henri Rol-Tanguy. Kamu bisa ke Catacombs of Paris dengan menggunakan metro jalur 4 atau 6 yang akan membawa kamu ke stasiun Denfert-Rochereau. Kamu akan menemukan Catacombs of Paris beberapa langkah setelah keluar dari pintu keluar stasiun. Buka setiap hari kecuali Senin, mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 8:30 malam.

View this post on Instagram

#catacombsofparis #catacombs

A post shared by Jc (@jchmtz) on

Tips saat mengunjungi Catacombs of Paris

Labirin Catacombs of Paris cukup panjang sekitar 2KM, dengan kondisi jalan yang licin dan tidak rata. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menyusuri seluruh Catacombs of Paris. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memakai sepatu yang nyaman dan tidak membuat kakimu sakit.

Jangan lupa bawa jaket ya! Catacombs of Paris berada di bawah tanah, sehingga suhu dapat sedikit lebih dingin. Gak ada toilet di dalam labirin ini, jadi pastikan kamu mampir ke toilet sebelum memulai tur.

Wisata ini gak disarankan bagi orang yang menderita claustrophobia. Sebab, kamu akan berada 30 meter di bawah tanah dan akan menyusuri beberapa terowongan sempit. Hal ini akan membuat orang-orang yang dengan phobia ruangan sempit akan merasa kurang nyaman.

Karena hanya 200 orang yang diizinkan masuk dalam waktu bersamaan, kamu harus menunggu agak lama. Jadi, lebih baik jika kamu membeli tiket masuk sebelumnya sehingga kamu gak perlu ngantri lama.

View this post on Instagram

#skulls #paris #catacombsofparis #catacombs

A post shared by Deepak (@mrdee18) on

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *