Berbincang di Istana Riyadh, Putra Mahkota Saudi Sebut Indonesia Beruntung, Kenapa?

(bolatimes.com)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut dengan hangat oleh Raja Salman dan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman (MBS). Mereka sempat bercengkrama dalam pertemuan yang dihelat di Istana Putra Mahkota Riyadh, Minggu malam (14/4/2019) waktu setempat.

Jokowi beserta keluarga yang menjalankan ibadah umrah mendapat kesempatan untuk berkunjung langsung ke kediaman Kerajaan Arab Saudi di Riyadh. Jokowi pun menyempatkan waktunya untuk berbincang langsung dengan Raja Salman dan juga Putra Makhkota Muhammad bin Salman.

Hasil gambar untuk jokowi raja salman
(liputan6.com)

Jokowi dan keluarga dijamu dalam santap malam di istana tersebut. Pertemuan itu juga membentuk sebuah kesepakatan dalam membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin. Nantinya Indonesia dan Arab akan melakukan pertemuan setiap satu tahun sekali.

“Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut

MBS sebut Jokowi pemimpin yang maju

Hasil gambar untuk jokowi dan mbs
(detiknews.com)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi menjelaskan, pertemuan itu berlangsung dalam suasana yang cair dan penuh kehangatan. Disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, MBS menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dikutip dari Antara, dalam pertemuan di Istana Putra Mahkota Riyadh tersebut, MBS menyebut Jokowi sebagai sosok pemimpin yang maju.

“Indonesia dinilai beruntung mempunyai pemimpin yang jelas dan maju,” ujar Bey.

Kuota haji Indonesia bertambah 10.000

Hasil gambar untuk jokowi raja salman
(liputan6.com)

Selain pertemuan, MBS juga menjamu Presiden Jokowi dalam acara makan malam. Dalam pertemuan tersebut, putra mahkota 33 tahun itu juga menyampaikan Riyadh memutuskan untuk menambah kembali kuota haji sebanyak 10.000 orang bagi Indonesia.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel juga hadir mendampingi Presiden. Presiden Jokowi sebelumnya juga menggelar pertemuan dengan Raja Salman di istana pribadinya Al-Qasr Al-Khas pada sore hari selepas jamuan santap siang.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Ia menjelaskan, pertemuan bilateral tersebut turut memperlihatkan apresiasi Raja Salman terhadap Indonesia atas kepemimpinan di dunia Islam.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Menlu Retno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *