Jokowi Lihat Apa di Dalam Kabah? Inilah 7 Benda Menakjubkan yang Kamu Juga Bisa Ikut Ngintip

Selain melakukan kunjungan kenegaraan di Arab Saudi, Joko Widodo dan keluarga juga sekaligus melakukan umrah. Selain itu mereka juga diberikan kesempatan khusus untuk masuk ke dalam kabah.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi diberikan kessempatan untuk masuk ke dalam Kakbah di Masjidil Haram saat menunaikan ibadah umrah pada Senin (15/4/2019). Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin seperti dikutip dari Kompas.com, presiden beserta rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalamnya.

“Pada kesempatan itu, Presiden, Ibu Iriana dan rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalam Kabah,” kata Machmudin.

Tentu kesempatan yang didapat oleh Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan rombongan adalah hal langka mengingat hanya orang-orang tertentu yang telah diberikan izin yang bisa masuk ke dalamnya. Pintu Kakbah pun selalu dikunci dan disimpan kuncinya oleh keluarga Al-Sheibi penjaga Kabah selama 15 abad terakhir ini.

Mengutip ilmfeed.com, pintu Kabah dulunya terbuka untuk semua orang untuk bisa masuk dan berdoa di dalamnya. Namun karena jumlah jamaah yang ingin masuk ke dalamnya meningkat, Kabah tidak lagi bisa diakses oleh semua orang, hanya tamu-tamu istimewa yang dapat masuk ke dalamnya.

Pintu Kakbah yang selalu tertutup dan hanya dibuka pada saat-saat tertentu ini tentu membuat banyak umat muslim penasaran, apa isi di dalamnya. Bahkan bagi mereka yang telah mengunjungi tanah suci untuk beribadah haji atau umrah pun belum tentu dapat memasuki dan melihat isi ruangan suci tersebut.

Seperti apa isi di dalam Kabah?

Dikutip dari ilmfeed.com, seorang pria bernama Yasser Ahmad yang berdomisili di Jeddah, Arab Saudi, beruntung dapat memasuki Kakbah pada 30 Mei 2015 lalu. Ia pun telah membagikan foto-fotonya di akun instagramnya dengan menuliskan keterangan berbahasa arab.

1. Rukun Yamani

Rukun Yamani

Yasser Ahmad via ilmfeed.com
Gambar di atas adalah Rukn Al-Yamani atau Rukun Yamani yang merupakan salah satu sudut luar Kakbah yang menyedot perhatian jamaah setelah Hajar Aswad. Sudut Kakbah ini menghadap ke arah Yaman. Setiap melakukan thawaf, jamaah bisa menyentuh dan menciumnya. Disebutkan wangi Rukun Yamani ini akan menempel pada tangan yang menyentuhnya.

2. Lemari putih

Lemari putih

Yasser Ahmad via ilmfeed.com

Di dalam Kabah terdapat lemari kecil berwarna putih yang berada tepat di depan pintu Kabah. Di atasnya biasa diletakkan alat pewangi dan asap kayu gaharu untuk mengharumkan ruangan Kabah.

2. Kaligrafi

Kalugrafi kalimat tauhid

Yasser Ahmad via ilmfeed.com
Terdapat kaligrafi yang menempel di dinding Kakbah. Salah satunya bertuliskan kalimat tauhid ‘Laa Ilaaha Illallaah Muhammadur Rasulullah‘ yang menghadap tempat salat Nabi Muhammad SAW.

3. Tempat salat nabi Muhammad SAW

Yasser Ahmad via ilmfeed.com
Di dalam kabah terdapat tanda berwarna putih di lantai di mana tanda itu adalah tempat salat Nabi Muhammad SAW.

4. Plakat

Plakat

Yasser Ahmad via ilmfeed.com

Terdapat juga dokumen Raja Fahd bin Abdulaziz al-Saud yang terukir di papan marmer untuk memperingati para penguasa yang pernah merenovasinya. Mengutip alarabiya.net terdapat 10 plakat yang menempel di dinding Kakbah di mana semuanya terbuat dari marmer.

4. Tiga pilar

Tiga pilar

Yasser Ahmad via ilmfeed.com

Terdapat tiga pilar berdiri sejajar di dalam Kakbah. Pilar-pilar tersebut terbuat dari kayu gaharu terbaik. Pilar-pilar tersebut dibuat atas inisiatif Abdullah bin Zubair tiga abad yang lalu dan hingga kini tetap berdiri kokoh. Di antara pilar tersebut, terdapat lampu-lampu yang menggantung serta hiasan berisi parfum.

5. Pintu di dalam Kakbah

Pintu dalam Kakbah

Yasser Ahmad via ilmfeed.com
Terdapat pintu berwarna emas yang disebut pintu taubat di dalam Kakbah di mana di baliknya terdapat tangga untuk menuju ke atap Kakbah.

6. Langit-langit Kakbah

Langit-langit Kakbah

Yasser Ahmad via ilmfeed.com
Dari dalam Kabah terlihat langit-langitnya berwarna hijau, Langit-langit tersebut merupakan bagian dalam kain kiswah penutup Kakbah. Seperti itulah bagian dalam Kakbah. Kerajaan Arab Saudi memilik agenda membersihkan Kakbah dua kali dalam setahun di bulan Shaaban dan Dul-Qaada. Campuran air zamzam dan air mawar digunakan untuk membersihkan Kakbah. Pembersihan Kabah ini akan dipimpin lanhsung oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *