Tak Hanya Jokowi, Ini 3 Sosok Petinggi Indonesia yang Juga Bisa Masuk Kabah

(jatimnow.com)

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana berangkat melaksanakan ibadah umroh pada Minggu 14 April 2019. Ibadah tersebut dilaksanakan usai pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, dan Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz

Jokowi melaksanakan umroh dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan laskar keamanan Masjidil Haram. Jokowi tampak tenang berjalan menuju Kabah, ditemani Iriana serta sejumlah pejabat lain, baik dari Indonesia maupun Saudi.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengunggah video saat Jokowi masuk ke Masjidil Haram dan dalam pengawalan ketat

(twitter.com/pramonoanung)

“Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah,” tulis Pramono di akun Instagram, @pramonoanung

Presiden Joko Widodo melakukan ibadah umrah pada Senin (15/4) usai menjalani debat pilpres putaran terakhir beberapa waktu lalu. Saat menjalani ibadah umrah, Jokowi berkesempatan untuk masuk ke Kakbah. Momen memasuki dalam Kakbah merupakan momen yang sangat diimpikan oleh umat muslim, pasalnya tidak bisa sembarangan orang yang diizinkan masuk.

Tak hanya Jokowi, sang istri yakni Iriana Jokowi dan kedua anaknya yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep juga berkesempatan masuk ke Kakbah. Rupanya, selain Jokowi ada beberapa orang penting lainnya yang juga berkesempatan untuk memasuki Kakbah.

1. Soeharto

Hasil gambar untuk soeharto
(twitter.com/CNNIndonesia)

Presiden ke-2 Soeharto menjadi salah satu orang asal Indonesia yang berkesempatan masuk ke dalam Kakbah. Soeharto bersama sang istri, Tien Soeharto melaksanakan umrah pada Oktober 1995.Saat itu, Soeharto bersama rombongan yang terdiri dari menteri, pejabat tinggi diperkenankan masuk ke kakbah. Tak hanya itu, petugas protokol hingga wartawan juga berkesempatan ikut rombongan masuk ke Kakbah.

2. SBY

(tribunnews.com)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menjadi salah satu petinggi yang berkesempatan masuk ke Kakbah. Ia membawa serta sang istri Ani Yudhoyono bersama kedua anaknya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudoyono serta menantu Annisa Pohan untuk menunaikan ibadah umrah.Ibadah umrah itu dilaksanakan pada akhir April 2006 lalu. Dalam kesempatan itu, SBY membawa serta rombongan yang terdiri dari sekitar 100 orang, mereka berkesempatan masuk ke Kakbah secara bergantian.

3. Boediono

Hasil gambar untuk boediono
(twitter.com/tribunnews)

Mantan wakil presiden Boediono juga berkesempatan memasuki Kakbah. Namun, Boediono mendapatkan momen langka masuk ke Kakbah saat ia masih menjabat sebagai Menko Perekonomian era kepemimpinan SBY.Boediono menjadi salah satu menteri yang ikut dalam rombongan ibadah umrah SBY dan keluarga pada 2006 lalu. Tak hanya Boediono, ada pula Menteri Luar Negeri saat itu Hassan Wirajuda yang bisa ikut masuk ke Kakbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *