Ustaz Arifin Ilham Posting Nyoblos Duluan, Pose di TPS Penang Kok Begini?

(Tribun)

Tinggal dua hari lagi seluruh rakyat Indonesia akan memberikan suaranya, saat momen Pemilu 17 April 2019. Beda dengan yang sedang merantau ke luar negeri. Pencoblosan bagi WNI yang berada di luar negeri sudah mulai dilaksanakan.

Namun semangat pesta demokrasi ini rupanya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di Indonesia saja. Melainkan juga Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini tengah merantau di negeri orang.

Berbeda dengan kita yang tinggal di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilu pada tanggal 17 April 2019. Seperti Ustaz Arifin Ilham.

Beliau telah mencoblos di Penang, Malaysia. Sambil memakai kacamata hitam, Arifin memposting kelingking hitamnya sebagai tanda telah nyoblos.

Arifin berada di Penang untuk kembali menjalani perawatan. Foto Arifin diposting oleh sang Anak, Alvin. Terlihat Arifin Ilham memakai kacamata hitam dan menunjukkan kelingkingnya yang bertinta hitam.

“SubhanAllah walhamdulillah arifin bersama ikhwah Fillah lebih awal PilPres di Penang hari ahad Kemaren,” tulis Alvin, Senin (15/4).

Alvin mengatakan siapapun pemimpin terpilih nanti semoga bisa menjalani amanah dari rakyat.

“InsyaAllah Indonesia semakin diberkahi Allah dengan terpilihnya pemimpin yg amanah dan rakyat yg bertaqwa, aamiin,” katanya.

“Dan siapapun terpilih berarti pilihan rakyat juga yg WAJIB dihormati bersama untuk KEDAMAIAN dan KEAMANAN NKRI KITA TERCINTA”. – Abi @kh_m_arifin_ilham #2019IndonesiaBersatu,” imbuh Alvin.

Selain  Ustaz Arifin Ilham, beberapa tokoh dan artis sudah bisa memberikan hak suara mereka. Berikut ini nama-nama pesohor itu. Ada mantan presiden hingga artis Indonesia.

1. SBY dan Istrinya Ani Yudhoyono.

Presiden Indonesia ke-6 Ini menyalurkan hak pilihnya di luar negeri, tepatnya Singapura.

Dilansir Kompas.com, Ketua Umum Partai Demokrat itu mencoblos pada Pemilu 2019 di KBRI Singapura, Sabtu (13/4/2019).

SBY memilih bersama puluhan ribu WNI di TPS yang sudah ditentukan. SBY harus mencoblos di Singapura karena sedang menemani istrinya, Ani Yudhoyono, yang dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura.

Presiden yang pernah menjabat selama dua periode itu tiba di KBRI yang berada di Chatsworth Road pada pukul 16.30 waktu setempat. Tampak pengamat politik Rocky Gerung menemani SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat itu mengaku senang masih bisa menyalurkan hak suaranya meski sedang berada di luar negeri.

“Secara pribadi tahapan pencoblosan berjalan lancar, dan saya juga senang melihat antusias saudara-saudara kita, rakyat Indonesia dengan semangat besarnya menyalurkan hak suaranya. Satu suara dapat menentukan masa depan bangsa, jangan golput,” ujarnya.

SBY mengatakan, meski dalam kondisi sakit, Ani Yudhoyono juga tetap menyalurkan hak politiknya dari rumah sakit

“Ibu Ani sadar akan pentingnya hak suaranya. Oleh sebab itu, meski sakit tetap mencoblos,” tuturnya SBY dalam kesempatan itu juga meminta doa untuk kesembuhan sang istri.

SBY juga berpesan, bagi WNI di Tanah Air yang sudah terdaftar di DPT untuk dapat menyalurkan hak suaranya pada 17 april 2019.

2. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2019 di Luar Nageri. Ahok mencoblos di Osaka Jepang.

Hal ini diketahui dari unggahan terbaru di akun Instagram resmi miliknya @basukibtp.

“Baru saja selesai memberikan hak suara pada Pemilu 2019 di Osakan Jepang. Ayo memilih, jangan Golput!” tulis akun @basukibtp, dikutip Bisnis, Minggu (14/4/2019)

Belum sampai 30 menit diunggah, foto tersebut mendapat respons antusias dari para followersnya. Tercatat foto Ahok selesai nyoblos disukai sekitar 47 ribu orang (likes) dan 600 komentar.

Beberapa hari sebelumnya, Ahok alias BTP juga mengunggah foto yang berisi dukungannya terhadap PDI Perjuangan.

Memakai baju merah, Ahok yang kini resmi menjadi kader partai banteng merah menulis dukungannya secara terang-terangan dan melontarkan melalui video blog (vlog) di Youtube.

“17 April 2019, pilih PDI Perjuangan. Kenapa saya pilih PDI Perjuangan? Bisa dilihat di Vlog terbaru saja,” katanya.

3. Habib Rizieq Shihab

Pimpinan FPI Rizieq Shihab telah menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019 di Luar Negeri. Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman mengatakan Rizieq telah mencoblos di Arab Saudi.

Untuk pilpres, Munarman mengatakan, suara Rizieq diberikan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Tentu 02,” kata Munarman melalui pesan teks, Sabtu 13 April 2019.

Proses Rizieq mencoblos surat suara direkam dalam video yang beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 44 detik itu, Rizieq mengenakan pakaian dan sorban putih. Video diawali saat Rizieq sedang berada di balik bilik suara. Selama 11 detik awal, dia nampak sedang melipat kembali surat suara seusai dicoblos.

Setelah itu, Rizieq melangkah menuju kotak suara, memasukkan surat suara pilpres dan pileg ke dalam dua kotak berbeda, lalu kembali melangkah menuju meja lainnya untuk mencelupkan kelingking ke dalam botol tinta tanda telah menunaikan hak suaranya.

4. El Rumi

Putra kedua Ahmad Dhani menggunakan hak suaranya di London. Hal tersebut diketahui dari unggahan di akun Instagramnya.

Lewat unggahan tersebut El membagikan sebuah foto dirinya dan menunjukkan jari kelingking yang sudah terkena tinta. El menuliskan sebuah keterangan dalam unggahannya yang berisi ajakan kepada semua masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Pengalaman pertama menentukan pemimpin 5 tahun kedepan. #kemarin pemilu serentak di London udah berjalan dan gw pun udah menunaikan Hak gw sebagai Warga Negara. Bagi kalian yang memiliki hak suara, nanti 17 April jangan sampai lupa untuk datang dan nyoblos ke TPS!!”

“Aku sudah #TPS , kamu #TusukPrabowoSandi #berbedarapopo #asalgakgolput. Semoga Allah SWT memberikan Indonesia pemimpin yang Amanah dan tidak suka mengingkari Janji, Amin,” tulis El Rumi

Diketahui saat ini sedang melanjutkan pendidikannya di London.

5. Valerie Thomas

Anak kedua aktor Jeremy Thomas, Valerie Theresa Thomas juga turut menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019.

Valerie mengunggah foto bersama sang mama Ina Thomas denga memperlihatkan jari kelingking yang sudah terkena tinta.

“Pilpres 2019,” tulis Valerie.

Sama seperti El Rumi, saat ini Valerie juga tengah melanjutkan pendidikan di London.

View this post on Instagram

Pilpres 2019

A post shared by Valerie Thomas (@valerieethomas) on

6. Acha Septriasa

Acha Septriasa juga menjadi satu di antara artis yang menggunakan hak pilihnya di luar negeri.

Lewat unggahan di akun Instagramnya, Acha menuliskan ucapa terima kasih kepada seluruh panitia di TPS tempatnya menggunakan hak suara.

Ia juga mengajak seluruh pemilih luar negeri untuk menggunakan hak suaranya.

“Saya berterimakasih kpd Panitia TPS tempat saya mencoblos di Marrrickvile Sydney TPS 10, 11, 12 melayani dengan baik. Jujur Adil tanpa pandang siapapun. Ramah dan menyenangkan! Mereka pengawas saksi dan panitia di TPS 10 , khusus tempat saya mengantri , terbuka dgn musyawarah menggunakan 1 1/2 kardus surat suara yang Tak TERPAKAI.”

View this post on Instagram

Saya berterimakasih kpd Panitia TPS tempat saya mencoblos di Marrrickvile Sydney TPS 10, 11, 12 melayani dengan baik. Jujur Adil tanpa pandang siapapun. Ramah dan menyenangkan! Mereka pengawas saksi dan panitia di TPS 10 , khusus tempat saya mengantri , terbuka dgn musyawarah menggunakan 1 1/2 kardus surat suara yang Tak TERPAKAI 👍🏻. Banyak Daftar Pemilih Tetap yang ternyata datang nya 1 jam sblm berakhir pencoblosan, dan mereka antri di antrian DPLuar negeri Khusus ( yang TPS nya blm di tentukan KJRI ) krn telat mendaftar ulang atau bahkan HILANG nama nya dari pendaftaran . Hal ini membuat TPS kosong di jam2 produktif jam 1.30-3.30 waktu NSW AYO PEMILIH luar negeri tetap, jangan sia- sia kan hak pilih mu, panitia menunggu dan waktu terbuang sia- sia bagi Daftar pemilih Luar negeri khusus yang ingin menggunakan hak pilih nya.

A post shared by Acha Septriasa (@septriasaacha) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *