Tersedot Angin Slipstream Valentino Rossi, Pembalap Honda Ini Tersungkur Saat Hampir Menang

(twitter.com/TheTelegraph)

Cal Crutchlow (Pembalap LCR Honda) gagal tampil bagus saat balapan di MotoGP Americas 2019. Sangat disayangkan Cal Crutchlow mengalami insiden terjatuh di tikungan 11 yang membuatnya gagal melanjutkan balapan

Dia pun dinyatakan gagal finis pada balapan MotoGP Americas 2019 dan tak mendapat satu poin pun. Mengenai hasil balapan MotoGP Americas 2019 tersebut, Cal Crutchlow mengaku sangat kesal.

Cal Crutchlow saat berada di garasi tim LCR Honda untuk menjalani seri MotoGP Americas 2019.
(twitter.com/Bolasport)

“Saya sangat kesal. Tak ada orang yang lebih kesal dibandingkan saya. Saya pulang ke rumah tanpa satu poin pun, padahal saya menjalani pekan yang kuat sebelumnya. Sebelum balapan, saya sudah berhasil meraih start di barisan depan pada saat kualifikasi dan tampil kompetitif sepanjang sesi,” kata Crutchlow.

Lebih lanjut, pembalap asal Inggris itu juga memberikan cerita bagaimana dia bisa terjatuh di lap keenam pada MotoGP Americas 2019

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, saat menjalani uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia.
(twitter.com/Bolasport)

Crutchlow mengaku tidak melaju terlalu cepat saat melewati tikungan 11 itu.

“Saya tidak berpikir masuk ke sana terlalu kencang. Saya mengerem di tempat yang normal dan menuju ke racing linesaya dengan normal. Ini hanya soal motor saya yang terjatuh saat mengerem. Kami perlu berkembang lagi tentang hal itu,” ujar Crutchlow.

Cal Crutchlow saat ini masih menghuni peringkat delapan dengan jumlah 19 poin pada klasemen sementara MotoGP 2019.

Lebih lanjut, Cal Crutchlow juga mengakui bahwa rencananya untuk mempelajari laju pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sudah gagal. Pada balapan MotoGP Americas 2019, Crutchlow dan Rossi sempat menjalani duel sengit untuk memperebutkan posisi kedua.

(ridetua.com)

Untuk diketahui, slipstream adalah manuver dari pembalap yang mengikuti pembalap didepannya demi mendapatkan sebuah keuntungan aerodinamika. Motor balap yang melaju dengan kecepatan tinggi akan mempunyai efek turbulensi pada area dibelakangnya, yang memiliki tekanan lebih rendah dibanding area sekitarnya. Teknik slipstreaming ini juga disebut mencuri angin. Keuntungan berada di area slipstream adalah hambatan udara minim, motor seperti mendapat tambahan power, ban lebih awet, dan konsumsi bahan bakar berkurang. Namun ada pula kerugian teknik Slipstream dalam balap.

Dengan kondisi ini seolah motor akan tersedot oleh turbulensi motor lawan di depan.

Jika kita melihat kasus jatuhnya pembalap Honda Cal Crutchlow (motor spek resmi Honda HRC). Nomor 4 adalah kejadian yang dialami Cal Crutchlow. Dia tidak mendapatkan efek pengereman mesin yang optimal ( deselerasi).  pembalap Honda itu merasakan masalah dengan pengereman dan tidak melambat. Itulah sebabnya kita melihat dia keluar dari zona slipstream, terutama di tikungan 12 dan T- 1. Dengan kata lain kesedot angin Valentino Rossi keseimbangan motor Honda Crutchlow kacau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *