Final! Hasil Exit Poll PT LSI Denny JA: Jokowi Unggul 56,4 Persen, Bagaimana Exit Poll BPN?

(intelijen.co.id)

Sudah beberapa jam usai waktu pencoblosan Pilpres 2019. Masyarakat pun beramai-ramai memantau hasil perhitungan quick count dan exit poll kedua kandidat, Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga.  PT LSI Denny JA pun telah umumkan hasil akhir exit poll.

Hasil akhir exil poll Pilpres 2019 oleh PT LSI Denny JA telah diumumkan di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Berikut hasilnya!

01 Jokowi – KH Maruf Amin 56,4 %

02 Prabowo – Sandiaga Uno: 43,6 %

Hasil gambar untuk jokowi unggul
(progres.id)

Sementara di tempat terpisah, Tim Sukses Prabowo – Sandi yang tergabung dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi juga mengumumkan hasil exit poll yang sudah selesai.

Hasil exit poll Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno diumumkan hasilnya, Rabu (17/4/2019).

01 Jokowi – Maruf Amin 42,8 %

02 Prabowo – Sandiaga 55,4 %

Hasil gambar untuk jokowi unggul
(mediaindonesia.com)

Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN), Sugiono, mengumumkan hasil perolehan suara berdasarkan survei pascapencoblosan atau exit poll.

Berdasarkan hasil exit poll internal BPN, pasangan Prabowo Subianto memperoleh suara sebesar 55,4 persen. Sementara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin 42,8 persen.

“Kami melakukan asessment juga. Kami ingin sampaikan bahwa hasil exit poll pasangan Prabowo-Sandi ungguli Jokowi-Maruf,” ujar Sugiono saat memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

“Pasangan Prabowo-Sandi 55,4 persen, kemudian 42,8 persen di pasangan 01. Sisanya tidak memberikan jawaban,” kata dia.

Menurut Sugiono, exit poll dilakukan di 5.475 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 34 provinsi. Exit poll dilakukan oleh para relawan setelah masa pencoblosan.

Hasil gambar untuk jokowi unggul
(beritasatu.com)

“Exit poll ini kami lakukan di 5.475 TPS di 34 provinsi. Pada saat ini juga kami masih lakukan quick count. Nanti akan kami sampaikan hasilnya,” kata Sugiono. Sementara hasil quick count Litbang Kompas data masuk 60,05 %.

Saat jumpa pers mengumumkan hasil exit poll, Denny JA menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Jokowi – KH Maruf Amin dalam jumpa pers di kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2019). Namun Denny JA memberi dua disclaimer hasil exit pollnya.

Hasil gambar untuk jokowi prabowo
(inews.id)

Selain itu, Denny JA juga mengingatkan hasil exit poll ataupun quick count dari lembaganya bukan hasil resmi. Karena hasil resmi hanya diumumkan oleh KPU.

“Kami umumkan ini dengan dua disclaimer. Pertama adalah nanti yang kita ikuti adalah hasil resmi KPU. Tapi kapankah itu, dari tradisi yang ada dia minggu atau sebulan setelah pencoblosan. Apa pun itu LSI tetap tunduk pada itu,” kata Denny JA.

“Disclaimer kedua nanti kita sampaikan angka elektabilitas kedua paslon, tapi itu tentatif karena itu adalah hasil exit poll jadi itu akan dikonfirmasi dengan hasil quick count,” tambahnya.

Hasil sementara quick count LSI Denny JA data masuk sudah 80 %, Jokowi – Amin masih memimpin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *