Terkuak! Ini Dia Penampilan Surat Suara Pemilu 2019

Surat Suara (Twitter/@Validnewsco

Penampilan surat suara pemilu 2019 akhirnya sudah terkuak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memamerkan contoh kertas pemilu yang akan digunakan dalam waktu dekat ini.

Nah, untuk kamu yang penasaran ini dia 5 desain penampilan surat suara pemilu 2019!

Desain tidak boleh asal

Surat suara pemilu tidak boleh didesain asal, lho! Hal tersebut tercantum dalam Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018 yang berisi tentang adanya 1 desain surat suara Pilpres, 1 desain surat suara Pileg DPR, 9 desain surat suara Pileg DPD, 2 desain surat suara Pileg DPD, dan 2 desain surat suara DPRD Kabupaten/Kota.

Di pemilu 2019 ini KPU memutuskan untuk memilih warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan abu-abu untuk pemilu khusus pilpres.

Surat suara pilpres

Surat suara pilpres (Twitter.com/@KPUJakarta)

Dalam pemilu 2019 nanti surat suara pilpres akan berwaran abu-abu dengan foto paslon presiden di dalamnya. Ukurannya pun ideal yaitu 22 x 31 cm dengan kertas HVS 80 gram.

Bagi kamu yang nanti menjadi pemilih, kamu hanya perlu mencoblos satu kali. Kamu bisa mencoblosnya di nama, nomor, foto, atau di gambar partai politiknya.

Surat suara DPR RI

Surat Suara DPR RI (Twitter.com/@KPUJakartaBarat)

Surat suara DPR RI nantinya akan berwarna kuning, dengan ukuran besar 51 x 82 cm. Dalam surat suarat tersebut akan tercantum foto-foto calon anggota DPR RI.

Untuk menentukan pilihanmu, kamu hanya perlu mencoblos satu kali di nomor, nama, atau gambar partai.

Surat suara DPRD Provinsi

Surat Suara DPRD Provinsi (Twitter.com/@KPUJakartaBarat)

Desain surat suara kali ini akan sedikit berbeda. KPU akan membuat dua versi, yaitu surat suara dengan daftar 10 calon dan 12 calon tiap parpol.

Sama seperti surat suara DPR RI, agar suaramu sah kamu mencoblosnya satu kali di nomor, gambar partai, atau nama calon anggota DPRD Provinsi.

Surat suara DPRD Kabupaten/Kota

Surat suara DPRD RI (Twitter/@Andespare)

Untuk suara yang satu ini, KPU memberikan warna hijau. Surat suara DPRD Kabupaten/Kota akan memiliki ukuran yang besar, yaitu 51 x 82 cm.

Bagaimana cara mencoblosnya? Tentu saja cara pencoblosannya sama seperti yang sebelumnya, ya!

Surat suara DPD RI

Surat Suara DPD RI (Twitter.com/@KPUJakartaBarat)

Warna merah menjadi pilihan KPU untuk surat suara satu ini. Khusus untuk DPD RI, surat suaranya akan dibuat 9 model desain karena adanya perbedaan jumlah caleg derah.

Agar pilihanmu sah, kamu perlu mencoblos satu kali di nama, nomer, atau foto caleg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *