Geger! Viral Penampakan Mata di Langit Malam Bandung, Ternyata Pernah Terjadi di Negara-negara Ini!

(vidioviral.com)

Bandung tengah heboh dengan penampakan mata di langit malam, pada Senin (22/4). Video penampakan tersebut viral di media sosial. Banyak warga yang ketakutan itu merupakan tanda bencana. Ada pula yang menyebut penampakan tersebut mirip mata Dajjal. Tapi, ternyata fenomena alam ini pernah terjadi di negara-negara lain lho!

Ternyata fenomena penampakan mata di langit, tidak hanya terjadi di Indonesia namun fenomena kemunculan mata di langit juga terjadi di negara lainnya. Beredar di media sosial dan beberapa grup WhatsApp, penampakan mata di langit Bandung menjadi viral.

Dikutip dari TribunJabar.id pada Senin (22/4/2019), beredar video memperlihatkan penampakan awan di langit malam yang menyerupai mata. Disebut penampakan mata tersebut terjadi di wilayah Bandung.

(youtube.com)

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan penampakan awan menyerupai mata itu muncul. Lalu, belum diketahui pula siapa yang merekam penampakan langit malam itu.

Video viral berdurasi 36 detik itu merekam awan di langit yang membentuk bentuk seperti mata manusia. Di tengah-tengahnya, tampak bulatan yang terang. Begitu pula dengan awan yang melingkar di sekitarnya, tampak terang.

Hasil gambar untuk penampakan mata langit bandung
(terbitan.com)

Sementara itu, di sekitarnya, langit tampak gelap, layaknya langit malam pada umumnya. Pria yang merekam kejadian itu terdengar berseru-seru keras. Ia berkali-kali mengucap Istigfar seperti orang ketakutan.

Penjelasan LAPAN

Meski demikian, fenomena tersebut sebenarnya bukan hal yang perlu ditakuti. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), M. Ferdiansyah Noer, menyampaikan peristiwa itu merupakan hal yang biasa terjadi

“Ini hanya bulan ketutup awan. Kebetulan saja bentuknya seperti itu. Tidak ada fenomena alam tertentu,” ujar Ferdi, dilansir dari Tribunnews.com, di Kota Bandung, Senin (22/4/2019).

(youtube.com)

Menurutnya, peristiwa itu terjadi ditambah dengan faktor cuaca yang kini tengah terjadi.Sementara itu, pengamatan bulan yang diselimuti oleh awan itu dapat diamati dengan mata telanjang. Langit sekitar bulan dan awan itu juga tampak gelap.

Pernah terjadi di negara-negara ini

Sebelum video penampakan mata di Bandung itu viral, peristiwa serupa pernah terjadi di langit Mongolia Dalam, Cina Utara pada 2018. Dikutip dari Daily Mail, peristiwa yang juga jadi sorotan itu terjadi di siang hari.

Dilihat di video, tampak awan yang lebih terang dari langit di sekitarnya melingkar. Sementara, di tengahnya terlihat ada bulatan yang lebih terang.

(tribunnews.com)

Dalam video, seorang warga terdengar menyebut fenomena itu sebagai ‘mata Tuhan’. Sontak saja, video itu membuat penduduk di Hulunbuir, Mongolia kaget.

Selidik punya selidik, video itu direkam pada 25 Juni 2018. Masih dilihat di video, seorang perempuan yang duduk di mobil seperti bertanya-tanya, apakah penampakan itu adalah ‘lao tian you yan’. Lao tian you yan adalah bahasa Indonesia berarti ‘mata Tuhan’.

Peristiwa yang sama juga pernah terjadi di Khazakhstan. Peristiwa yang sama juga pernah terjadi di Khazakhstan. Akun bernama 1shustry di situs forum Reddit sempat mengunggah gambar yang memperlihatkan awan menyerupai mata.

(tribunnews.com)

Akun bernama 1shustry di situs forum Reddit sempat mengunggah gambar yang memperlihatkan awan menyerupai mata. Akun itu menyebut, foto tersebut diambil di Astana, ibukota Kazakshtan.

“Aku baru menyadari mata tersebut setelah beberapa hari kemudian, waktu aku mengecek foto-foto yang kuambil,” tulis 1shustry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *